Beli BBM di Pekanbaru Dengan QR Code Tengah Diujicoba

231
Beli BBM di Pekanbaru

Pertamina kini tengah menguji coba beli bahan bakar minyak (BBM) di Pekanbaru dengan QR Code meski belum ditetapkan secara resmi, Rabu (7/9/2022).

Adapun Pertamina sudah mulai menguji coba transaksi pembelian dengan QR Code ini di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Pekanbaru.

Tidak Perlu Khawatir

Humas Pertamina Patra Niaga Regional Bagian Sumatera Utara, Imam Muhammad mengimbau masyarakat untuk tidak perlu ragu dan khawatir.

Selain itu, ia juga kembali mengingatkan masyarakat yang belum memiliki QR Code untuk menginput nomor polisi (nopol) kendaraannya di EDC saat membeli Pertalite dan Solar. Untuk penginputannya nanti juga akan dibantu oleh petugas atau operator SPBU.

“Untuk saat ini kita sedang lakukan uji coba beli BBM di semua SPBU, di Pekanbaru telah menerapkan input nopol di EDC atau Scan barcode,” ungkap Imam.

Buka Pendaftaran

Meski harga BBM bersubsidi hingga kini mengalami kenaikan, Pertamina tetap membuka pendaftaran program Subsidi Tepat untuk masyarakat. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui fitur Subsidi Tepat yang terdapat pada aplikasi My Pertamina.

“Jika ada pertanyaan maupun keluhan, masyarakat bisa menghubungi Pertamina Call Center 135,” jelas Imam.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memberi kepastian terkait pemberlakukan secara resmi. Karena hingga saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah.

Daftar via Online

Untuk pendaftaran program Subsidi Tepat untuk masyarakat sendiri melalui online, baik menggunakan komputer, laptop dan handphone yang terhubung dengan internet. Tujuan pendaftaran ini dilakukan untuk memastikan subsidi energi semakin tepat sasaran.

Persyaratan

Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan, di antaranya adalah foto KTP, foto diri, foto STNK, foto KIR, foto kendaraan, foto nomor polisi kendaraan, serta foto surat rekomendasi.

Tata Cara Pendaftaran

Berikut ini cara mendaftar pembelian BBM subsidi:

  • Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan
  • Buka website atau melalui aplikasi MyPertamina
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik Daftar Sekarang
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja melalui email yang telah didaftarkan. Bisa juga dengan mengecek secara berkala status pendaftaran pada website
  • Jika telah terkonfirmasi, segera unduh kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina
Lindungi Hak Masyarakat

Dengan pendataan tersebut, diharapkan BBM subsisi benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat yang memerlukan. Selain itu Pertamina juga mengimbau masyarakat mampu dan industri untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi hak masyarakat yang memerlukan.