Gerhana Matahari Cincin Siak, Durian dan Keramahan

94
Fenomena Gerhana Matahari CIncin Siak

Fenomena langka, Gerhana Matahari Cincin Siak, telah berlangsung pada Kamis (26/12/2019) siang lalu.

Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, mendadak penuh sesak dengan banyaknya pengunjung dari luar kota hingga luar Indonesia yang akan menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), GMC ini melintasi lima wilayah di Riau.

Kelima daerah tersebut adalah Desa Bunsur Kabupaten Siak, Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu, Dumai, Pulau Padang Kabupaten Bengkalis, dan Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tepat pada pukul 12.17 WIB, fenomena Gerhana Matahari Cincin Siak ini berlangsung selama 3 menit. Namun yang dimaknai bukan lagi dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi tanda kebesaran Allah SWT yang diharapkan bisa menambah ketaatan dan juga iman.

Adapun puncak Gerhana Matahari Cincin di Indonesia sendiri dapat disaksikan dengan jernih di Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, serta Singkawang Kalimantan Barat pukul 12.43 WIB.

Ribuan masyarakat yang berkumpul di lapangan untuk menyaksikan proses gerhana matahari cincin haru dalam shalawat.

Selain itu, pada GMC Siak ini juga ada pemecahan Rekor MURI dalam kategori Kacamata terbesar di Indonesia. Yang mana Pemerintah Kabupaten Siak menyediakan Kacamata berukuran 14 meter dan lebar 1,5 meter.

Tim infoPKU sendiri berkesempatan mengabadikan langsung fenomena yang hanya terjadi 300 tahun sekali tersebut:

Namun, Sungai Apit tidak juga memiliki hal lain, yang patut untuk dikunjungi, yaitu Durian, buah kesukaan banyak orang.

Uniknya buah ini bisa kita nikimati langsung bahkan hingga menunggu durian tersebut jatuh dari pokoknya. Selain itu, kualitas durian yang dimiliki Sungai Apit juga merupakan yang terbaik.

Selain dari Gerhana Matahari Cincin, dan Durian Desa Sungai Apit memiliki satu hal lagi. Keramahan penduduk kepada pendatang. Sungai Apit memiliki kawasan yang luas, namun bisa dibilang memiliki penduduk yang tidak banyak.

Penduduk, dengan mudah membedakan pendatang atau bukan. Keramahan yang diberikan bahkan bisa menjadi perhatian tak terlupakan. Pekerjaan Rumah bagi pemerintah, untuk memperkenalkan Sungai Apit lebih luas lagi.

Wisata Durian dengan keramahan bisa menjadi branding terbaik untuk menaikan ekonomi masyarakat Sungai Apit, Kabupaten Siak. Karena pada dasarnya Sungai Apit tidak hanya Gerhana Matahari Cincin.