Galian Air Bersih Pekanbaru, Kontraktor Tanggung Jawab

173
Galian Air Bersih Pekanbaru

Proyek galian air bersih Pekanbaru beberapa waktu lalu sempat viral terkait dengan adanya korban kecelakaan di Jalan Riau, Pekanbaru.

Kejadian tersebut menyebabkan salah satu korban terjatuh ke dalam lubang galian air bersih. Disiarkan sebelumnya melalui media sosial instagram terkait dengan situasi kecelakaan, yang kabarnya terjadi pada pukul 06.00 WIB.

Tanggung Jawab Penuh

Tidak dipungkiri oleh pihak PT. PP Tirta Madani selaku pemberi kerja kepada kontraktor dalam hal ini PT Kalirandoe Jaya Abadi bertanggung jawab penuh baik untuk pengobatan dan juga memperbaiki kendaraan korban.

Hal ini ditegaskan oleh Manajer Operasional PT. PP Tirta Madani Budi Santosa, “terkait dengan kerugian dari yang dialami korban kami bertanggung jawab terkait dengan pengobatannya, serta kerusakan yang dialami oleh korban seperti kerusakan pada kendaraan juga sudah kami tanggulangi,” ungkapnya pada Jumat (10/6/2022).

Sesuai Standar

Terkait dengan Standar Operasional Perusahaan dalam hal pengamanan wilayah galian, disebutkan oleh Hendri Susanto selaku Health Safety Environment bahwa pengamanan dinilai sesuai dengan prosedur yang ada.

Pihaknya selalu memastikan keamanan bekerja, karena bahkan setiap tiga bulan ada audit yang dilakukan kantor pusat.

“Hal itu pasti akan kami lakukan. Namun hal ini pun kemudian menjadikan evaluasi bagi kami,” terang Hendri.

Setelah kejadian ini, Hendri memastikan beberapa titik galian memiliki rambu-rambu yang cukup jelas untuk mengingatkan pengendara.

Untuk Masyarakat Pekanbaru

Lebih lanjut Hendri mengungkapkan bahwa galian yang dilakukan oleh PT. PP Tirta Madani ini merupakan galian pipa untuk air bersih yang semakin layak serta untuk masyarakat Pekanbaru.

Ke depannya pipa baru yang digunakan untuk jaringan distribusi air bersih ini akan mengcover 6 kecamatan di area Kota Pekanbaru. Diungkapkannya, pada tahun ini diawali dengan penanaman pipa di bawah tanah untuk Kecamatan Payung Sekaki.

Untuk Encik dan Puan ketahui,  PT PP Tirta Madani sendiri merupakan bentuk dari kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara PERUMDAM Tirta Siak dengan anak Perusahaan PT. PP Persero, PT. PP Tirta Madani.