Gajah Terobos Perkebunan Warga, Petani Minta Tolong Amankan

0
286
Gajah Terobos Perkebunan Warga

Kawanan gajah liar terobos perkebunan warga di Jalan Tengku Maharani, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru, Rabu (25/1/2023) dini hari.

Gajah-gajah yang disebut Kelompok II ini terobos ke perkebunan warga dan memakan tanaman seperti pepaya, kelapa dan sebagainya.

Gajah tersebut memporak-porandakan kebun warga dan banyak buah-buahan di kebun tersebut berserakan. Selain itu juga ditemukannya jejak kaki gajah yang berukuran besar di kebun tersebut.

Ratusan Pohon Rusak

Salah seorang petani, Nababan mengaku bahwa gajah tersebut telah merusak pohon kelapa sebanyak 130 pohon di kebunnya. Ia juga mengatakan bahwa 1 batang pohon kelapa dapat menghasilkan uang sebesar Rp250 ribu.

Nababan berharap kepada pihak terkait, terutama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau segera memproses masalah ini. Ia ingin gajah-gajah tersebut tidak masuk lagi ke perkebunan dan ke permukiman warga.

“Kami mayoritas petani, namun tanaman telah dirusak sebelum kami menikmati hasilnya,” ujarnya.

Kebiasaan Gajah

Di sisi lain, Plt Kepala Bidang II BBKSDA Riau Hartono menjelaskan bahwa gajah-gajah yang menerobos kebun itu merupakan gajah kelompok II. Adapun kelompok gajah tersebut juga selalu melintas di kawasan tersebut.

Dikatakan Hartono bahwa hal tersebut memang merupakan sifat asli alami dari gajah untuk melintasi kawasan yang sama setiap tahunnya. Namun, terkadang kawasan yang dilintasi oleh kawanan gajah tersebut sudah berubah menjadi perkebunan ataupun permukiman warga.

“Itu permasalahannya setiap tahun karena gajah tidak akan mengubah jalur perlintasannya,” pungkas Hartono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.