Foto Pekanbaru Tempo Doeloe Untuk Kenang Sejarah

186
Foto Pekanbaru Tempo Doeloe

Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-238, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru tampilkan foto Pekanbaru tempo doeloe.

Foto-foto Pekanbaru dari masa ke masa tersebut ditampilkan dalam acara pameran yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Bertempat di Mall Living World Pekanbaru pada tanggal 15-19 Juni 2022.

Ada banyak foto yang dipajang di stand milik Dispusip Pekanbaru tersebut. Mulai dari foto Jembatan Siak, foto bandara pada saat serah terima landasan Simpang Tiga Airport, dan lain sebagainya.

Ajak Pengunjung Bernostalgia

Dari berbagai foto tersebut menggambarkan kilas balik perjalanan Kota Pekanbaru, dan Pekanbaru tempo doeloe. Sehingga menambah nostalgia dan pengetahuan masyarakat yang berkunjung.

Ada beberapa foto yang mencuri perhatian pengunjung termasuk penulis pada saat berkunjung. Seperti adanya dokumentasi foto Kantor Wali Kota Pekanbaru pada awal berdirinya, disandingkan dengan foto Kantor Wali Kota Pekanbaru tahun 2018.

Selanjutnya ada pula foto Jembatan Pontoon tahun 1960 sebagai alat transportasi menghubungkan Kota Pekanbaru dan Rumbai.

Kemudian Pekanbaru tempo doeloe juga melihatkan perbandingan foto Jalan Diponegoro (bundaran) tahun 1970 dengan foto Jalan Diponegoro depan Bundaran Tugu Keris Pekanbaru tahun 2018.

Pekanbaru Dari Masa ke Masa

Ditampilkan juga dokumentasi foto Yayasan Pertama Cina di Pekanbaru Jalan Ahmad Yani dekat Pasar Wisata atau Pasar Bawah Pekanbaru.

Tidak hanya itu, dalam pameran galeri Pekanbaru Tempo Doeloe dihadirkan pula foto Masjid Raya Nur Alam Senapelan Pekanbaru. Juga ada potret, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau tanggal 1 Maret tahun 1971, potret Masjid Agung Riau tahun 1968.

Ada pula potret salah satu armada antar provinsi di Pekanbaru, terminal bus di pinggir Jalan Semar tahun 1968, terminal pelabuhan Bom tahun 1973. Bahkan foto Stadion Hang Tuah Kota Pekanbaru yang melegenda tersebut juga ditampilkan.

Menariknya dan semakin menambah kesan tempo dulunya, pameran foto itu juga menampilkan potret Losmen Sukaramai, SMAN ABC (SMA 1 Pekanbaru) tampak depan dan tampak belakang, SMPN 1 Pekanbaru.

Apa Kata Pengunjung

Jadi bagi masyarakat yang ingin melihat Pekanbaru Tempo Doeloe sambil bernostalgia melihat perkembangan Pekanbaru, salah satunya bisa berkunjung ke pameran tersebut.

Salah seorang pengunjung, Dewi (26) mengungkapkan bahwa ia merasa mengunjungi pameran foto ini. Dimana ia bisa melihat perkembangan Kota Pekanbaru dari masa ke masa.

“Seneng sih, jadi bisa liat Pekanbaru dulu tu kayak mana. Kalo bisa sering-sering ada acara ini biar kami yang masih muda tau perkembangan Pekanbaru jaman dulu,” ungkapnya, Sabtu (18/6/2022).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)