FlyOver Garuda Sakti Pembangunannya Tunggu Bebas Lahan

0
493
FlyOver Garuda Sakti

Rencana pembangunan flyover Garuda Sakti Pekanbaru yang berada di kawasan simpang Panam masih menunggu pembebasan lahan.

Dalam rencananya, pembangunan flyover tersebut akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Adanya pembangunan flyover Garuda Sakti Pekanbaru tersebut diharapkan dapat mengatasi kemacetan parah di kawasan simpang Panam tersebut. Terutama pada saat jam-jam sibuk.

Tunggu DED

Untuk diketahui, dalam rencana pembangunan flyover tersebut pemerintah pusat akan membangun fisik flyover-nya. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Kementerian PUPR T Yuliansyah.

Sedangkan Pemprov Riau sendiri memiliki tugas, yaitu untuk membebaskan lahan di sepanjang lokasi yang akan dibangun flyover itu.

Yuliansyah mengatakan, pembangunn flyover tersebut akan dibangun oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2024.

Kemudian Kementerian PUPR yang akan mendesain rancangan pembangunan flyover tersebut. Sebab untuk melakukan Detail Engineering Design (DED) dari pembangunan tersebut, tim Kementerian PUPR sedang menunggu pembebasan lahan dari Pemerintah Provinsi Riau.

“Desainnya belum, sedang menunggu pembebasan lahan,” ucapnya, Jumat (11/8/2023).

Kemudian, Kementerian PUPR tersebut juga mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai bagian dari menyiapkan readiness criteria sebagai usulan dalam program kegiatan.

“Desainnya akan dimulai tahun depan,” ujarnya.

Total Anggaran

Adapun total anggaran sebesar Rp5,3 miliar telah disiapkan untuk proses ganti rugi lahan Flyover Garuda Sakti. Dimana Pemprov Riau sudah mempersiapkan anggaran untuk pembebasan lahan pembangunan flyover yang berada di simpang Panam Pekanbaru itu.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan.

Diungkapkan Arief, saat ini pihaknya telah mempersiapkan sebesar Rp5,3 miliar untuk pembangunan flyover tersebut. Yang mana sumber anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2023.

Pemprov Riau juga telah membentuk tim koordinasi agar mempercepat proses pembebasan lahan. Tim koordinasi tersebut dengan BPN Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanbaru, serta Balai Jalan Nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.