Desain Flyover Garuda Sakti Masih Menunggu Kepastian

87
Desain Flyover Garuda Sakti

Encik dan puan, diketahui bahwa hingga saat ini desain untuk flyover di persimpangan Garuda Sakti masih belum ada kepastian.

Rencana Pembangunan Flyover 

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa rencana pembuatan flyover di simpang empat garuda sakti telah disetujui oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan memakai APBN.

Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto, mengatakan bahwa terkait pembebasan lahan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau.

Masih Menunggu Kepastian Desain Flyover

Ia mengungkapkan bahwa untuk saat ini pihaknya masih menunggu kabar dari pemerintah pusat terkait desain flyover di persimpangan Garuda Sakti yang akan dibangun.

“Untuk fly over dari Dinas PUPR Riau masih menunggu kepastian dari pusat, apakah dibangun lurus atau melingkar. Desain ini berkaitan dengan pembebasan lahan, belum ada konfirmasi dari Kementerian PUPR, masih menunggu,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan pada tahun ini. Hal ini dilakukan sesuai dengan rencana pemerintah pusat untuk membangun flyover di perempatan Jalan garuda Sakti pada tahun 2024.

Sudah Lama Dinanti Masyarakat

Sugeng berpendapat bahwa sudah sejak lama pembangunan flyover ini diinginkan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan pada lokasi tersebut sering sekali terjadinya kemacetan lalu lintas.

Sehingga, solusi untuk mengurangi permasalahan tersebut dibuatlah flyover ini untuk dapat menjadi solusi jangka panjang. Sugeng juga mengatakan bahwa ia dan pihaknya akan mengawal pembangunan flyover ini yang dimulai dari pembebasan lahan.

Dikarenakan lokasi proyek mega ini berada di Kota Pekanbaru maka, Pemerintah Provinsi Riau nantinya akan diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.