Enam Jalan di Pekanbaru Akan Diperbaiki Tahun Depan

0
1738
Enam Jalan di Pekanbaru

Sebanyak enam ruas ruas jalan di Kota Pekanbaru yang mengalami kerusakan cukup signifikan akan diperbaiki pada tahun 2024 mendatang.

Masih Bisa Alami Perubahan

Kondisi tersebut merupakan tantangan yang harus diatasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

Adapun Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengakui bahwa rencana perbaikan jalan masih dapat mengalami perubahan.

Selain pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana untuk mencari tambahan anggaran. Di antaranya melalui dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Selain itu pembiayaan juga dapat diperoleh melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau atau melalui dana inpres, yang sedang dalam upaya perjuangan.

Tambah Anggaran Untuk Perbaiki Jalan Lebih Banyak

Edward mencatat bahwa upaya Pemko Pekanbaru adalah agar perbaikan jalan rusak di Kota Pekanbaru tidak hanya mengandalkan APBD. Anggaran perbaikan jalan dari APBD sendiri diperkirakan sekitar Rp15 miliar.

Dengan adanya tambahan anggaran, jumlah ruas jalan yang dapat diperbaiki akan menjadi lebih banyak.

Pihaknya sedang mengusulkan agar mendapatkan tambahan anggaran dari pemerintah pusat untuk memperbaiki lima hingga enam ruas jalan rusak, terutama karena keterbatasan kondisi keuangan daerah.

Edward mengakui bahwa tahun 2024 masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sehingga anggaran untuk perbaikan jalan terbatas. Situasi ini mendorong mereka untuk mencari sumber pembiayaan tambahan untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak di Kota Pekanbaru.

Enam jalan di Pekanbaru yang akan menjadi prioritas overlay tahun 2024 di antaranya adalah Jalan Darma Bakti (Sigunggung), Jalan Cipta Karya, Jalan  Bangau Sakti, Jalan Taman Karya. Lalu beberapa ruas jalan di Kecamatan Rumbai.

Kondisi Jalan Darma Bakti

Kondisi Jalan Bangau Sakti

Jalan Bangau Sakti sendiri sempat diperbaiki oleh sejumlah mahasiswa Universitas Riau (UNRI) pada 29 Oktober 2023 lalu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Sementara itu Dinas PUPR Kota Pekanbaru berjanji akan segera menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait Jalan Bangau Sakti yang kondisinya rusak parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.