CFD Pekanbaru Ditiadakan Saat Natal 2022

0
495
CFD Pekanbaru

Car Free Day (CFD) Pekanbaru di Jalan Jendral Sudirman akan ditiadakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat Natal 2022. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Abe Nazir, Jumat (23/12/2022).

Hormati Umat Kristen

Abe mengungkapkan bahwa alasan dilakukanya peniadaan CFD ini karena pada hari itu bersamaan dengan adanya perayaan Natal bagi umat kristen.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat dengan Asisten I Setdako Pekanbaru, pihak Polresta Pekanbaru, Satpol PP, dan juga Kesbangpolinmas.

“Kita sepakat untuk meniadakan CFD di tanggal 25 Desember untuk menghormati saudara kita yang akan merayakan hari raya Natal,” ujarnya.

Abe menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum menentukan berapa lama CFD akan ditiadakan. Untuk pelaksanaan CFD pada 1 Januari 2023 mendatang akan dibahas kembali pada waktu selanjutnya.

“Untuk tanggal 1 Januari masih akan dibahas,” ungkap Abe.

Aktivitas Rutin Akhir Pekan

Seperti yang kita ketahui, Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor merupakan aktivitas yang dilakukan rutin setiap akhir pekan. Adapun kegiatan ini dilakukan guna menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.

Kegiatan ini dilakukan di tengah kota dengan menutup ruas jalan sehingga kendaraan bermotor tidak dapat berlalu lalang. Dengan begitu masyarakat dapat berjalan kaki dengan luwes. Biasanya pada saat CFD masyarakat melakukan kegiatan seperti olahraga sekaligus rekreasi.

Sebagaimana diketahui CFD di Kota Pekanbaru diadakan di areal Bundaran Tugu Zapin Jalan Sudirman. Dengan batas jalur CFD tetap mulai dari bawah Flyover Tuanku Tambusai hingga U-turn depan StarCity.

Kegiatan ini dimulai setiap hari minggu pada pukul 06.00-09.00 WIB. Pelaksanaan Car Free Day di Pekanbaru ini dibuka kembali setelah vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19 pada 12 Juni 2022 yang lalu.

CFD Pekanbaru Kembali Dibuka Sejak Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.