Demi Air Bersih Pekanbaru, Tirta Siak Lakukan Kerja Sama

0
134
Demi Air Bersih Pekanbaru

Demi membenahi air bersih di Kota Pekanbaru, Perumdam Tirta Siak melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan PT. Air Minum Bandarmasih.

Terus Berbenah

Hal tersebut karena Perumdam Tirta Siak masih berkutat dengan berbagai permasalahan terkait dengan ketersediaan air bersih di masyarakat. Di tengah banyaknya ritik dan mosi tidak percaya terhadap Tirta Siak.

Adapun Tirta Siak terus melakukan berbagai terobosan-terobosan demi air bersih di Kota Pekanbaru. Selain itu juga ada berbagai pembelajaran yang didukung oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) bersama dengan PT. Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin.

Sebelum penandatanganan, Direktur Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah mengungkapkan komitmen serta kesiapannya terhadap program kemitraan kedua perusahan air minum ini. Pihaknya menyambut baik terkait dengan program kemitraan ini.

“Dalam upaya berbenah, kemitaraan ini untuk meningktkan pelayanan melalui sektor penurunan NRW (Non Revenue Water), GIS, SOP, serta SDM,” paparnya, Selasa (10/10/2023).

Jadi Mentor

Penandatanganan ini dihadiri Direktur Operasional PT. Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin, Eduardsyah. Dalam sambutannya, Eduardsyah menyebutkan kesiapan PT. Air Minum Bandarmasih Kota Banjarmasin sebagai mentor untuk Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru.

Hal ini merupakan kali keenam pihaknya diminta oleh Perpamsi melakukan mentoring. Diakuinya bahwa memang di antaranya ada yang berhasil, ada juga yang tidak berhasil.

“Sering kali ketidakberhasilan ini lebih disebabkan komitmen,” tutur Eduardsyah.

Dalam hal ini ia juga menekankan kepada seluruh insan Perumdam Tirta Siak yang terlibat agar dapat berkomitmen. Terutama dalam program-program yang akan diberikan, sesuai dengan langkah-langkah yang sebagaimana mestinya.

Didukung Pemko

Selain Peramsi, dukungan juga diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Asisten II Kota Pekanbaru Ingot Ahmas Hutasuhut. Dikatakannya, PDAM dibentuk guna memenuhi kebutuhan sangat mendasar terhadap ketersediaan air bersih.

Pihaknya berharap melalui pertemuan ini dapat terjalin hubungan serta langkah-langkah kebutuhan dasar bagi masyarakat, yang mana tujuannya juga sangat baik.

“Pemko Pekanbaru juga berkomitmen untuk kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap Perumdam Tirta Siak,” tandas Ingot.

Penandatangan ini sendiri bertujuan guna meningkatkkan sektor NRW yang berfungsi untuk menekan terbuangnya air akibat dari berbagai kesalahan teknis seperti kebocoran, peningkatan sektor Geografis Information System (GIS) yang berfungsi untuk melakukan pemetaan terkait dengan pelanggan, jaringan serta aset dalam operasional perusahaan, terkait dengan pembentukan SOP, dan pengembangan SDM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.