Covid-19 di Pekanbaru Masih Tinggi, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSD Madani Pekanbaru Sudah Penuh

200
Covid-19 di Pekanbaru

Sampai saat ini, angka pasien terkonfirmasi Covid-19 di Pekanbaru masih tinggi. Sehingga ruang isolasi untuk pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru sudah penuh.

Seperti yang dikatakan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih yang dikutip melalui portal berita cakaplah.com membenarkan hal itu.

dr Zaini menjelaskan secara keseluruhan saat ini tersedia ada 70 kamar di rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru itu.

“Iya (Ruang penuh). Memang 70 kamar. Tempat tidur ada, tapi pendingin belum ada,” kata dr Zaini, Jumat (21/8/2020).

Namun ia juga mengakui akan melakukan penambahan kamar untuk pasien isolasi sebanyak delapan kamar, yang nantinya akan digunakan untuk menampung pasien positif Covid-19 di Pekanbaru.

“Minggu depan ditambah 8 kamar. Ada 23 pasien diisolasi di sana,” jelasnya.

Sementara itu, Juru bicara bidang kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan, saat ini solusinya bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) diminta isolasi mandiri.

“Kita juga arahkan ke rumah sehat di Rusunawa Rejosari, Tenayan Raya,” jelasnya.

Berkaca dari kasus diatas Encik dan Puan, kita diminta untuk terus waspada dan tidak lalai menjalankan protokol kesehatan.

Karena jika lalai, akan berakibat pada peningkatan jumlah terkonfirmasi dan sulit untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tidak ada salahnya saat ini Encik dan Puan beraktivitas di luar rumah hanya seperlunya saja, sebab tidak ada yang bisa menjamin tempat yang akan kita kunjungi dan teman yang ditemui tidak menyebarkan virus itu.

Boleh sesekali keluar untuk membeli keperluan, namun ingat protokol kesehatan terutama memakai masker karena banyak sekali yang tidak mematuhi protokol kesehatan apalagi sudah berada di mall.

Ingat ya Encik dan Puan, kesehatan itu penting. Dengan mematuhi protokol kesehatan maka Encik dan Puan telah menjadi bagian dari menyelamatkan diri sendiri dan orang tersayang.