Corona Riau Hari Ini: Tambah 332, Total 68.464 Kasus

0
346

Corona Riau Hari Ini (Rabu, 23/6/2021) bertambah sebanyak 332 kasus, 315 pasien yang telah sembuh, dan 10 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid menjadi 68.464 kasus.

Dari sebaran Corona Riau Hari Ini, sebanyak 63.783 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 546 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 2.276 orang isolasi mandiri, serta 1.859 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 100.255 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 119 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 95.849 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 3.971 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 316 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 1.235 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.096 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 363.943 sampel.

20 Hari Terakhir Kasus Positif COVID-19 di Riau Turun Signifikan

Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau, mulai mengalami penurunan secara signikifan dalam 20 hari terakhir. Namun, penurunan kasus ini lantaran karena sample swab yang masuk juga mengalami penurunan, apabila dibandingkan dengan kasus yang terjadi selama bulan Mei lalu.

Melihat data dari rumah sakit di Riau, dalam waktu lima hari terakhir kasus posiif turun di bawah 50 persen. Meski adanya penurunan kasus harian, keterisian ICU di rumah sakit masih di atas 60 Persen.

Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Juru bicara penanganan COVID-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, walaupun kasus positif COVID-19 di Riau menurun, masyarakat harus tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan, selama masih terdapat kasus COVID-19.

500 Informasi Hoaks terkait Vaksinasi Beredar di Masyarakat

Sedikitnya 500 lebih laporan informasi hoaks yang beredar di masyarakat terkait vaksinasi yang diterima Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau.

Menurut Indra Yovi, informasi hoaks soal vaksinasi ini perlu diluruskan karena dampak negatifnya cukup terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Terutama hoax yang bertujuan negatif yang dampaknya mengakibatkan orang tua atau lansia dan orang komorbit tidak mau divaksin.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.

Kadiskes Riau: Kalau Stok Vaksin Habis Segera Minta

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir meminta pemerintah kabupaten/kota di Riau segera melaporkan dan meminta ke Diskes Provinsi, jika stok vaksin sudah menipis. Hal ini dalam upaya mengejar target realisasi capaian vaksinasi di daerah masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.