Bandara SSK II Pekanbaru Masih Menjadi Bandara International

0
316
Bandara SSK II Pekanbaru

Encik dan Puan, dikabarkan Bandara Internasional SSK II Pekanbaru tidak lagi masuk kedalam daftar bandara di Indonesia yang melakukan penghapusan rute penerbangan internasional.

Rapat Tentang Status Operasional Banda SSK II Pekanbaru

Kabar ini diketahui setelah Pemprov Riau ikut dalam rapat fasilitas tentang status operasional Bandara SSK II Pekanbaru sebagai bandara internasional, yang dilaksanakan secara virtual di kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru pada hari Senin (13/3/2023).

Rapat ini diikuti oleh beberapa petinggi seperti Gubernur Riau Syamsuar dan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto, Kepala DPMPTSP Riau, Helmi D, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Roni Rakhmat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Roni Rakhmat,mengatakan bahwa mereka juga berkesempatan berdiskusi langsung dengan pihak Kementerian Perhubungan terkait rencana penghapusan rute penerbangan internasional di Bandara Pekanbaru tersebut.

Tidak Ada Penghapusan Rute Internasional

Roni mengatakan, dari pertemuan yang dilakukan secara virtual ini sudah dapat kejelas terkait status rute penerbangan internasional di Bandara Pekanbaru yang selama ini menjadi isu di sektor swasta dan pariwisata di Riau.

“Dari Kementerian Perhubungan telah menyatakan bahwa Bandara SSK II Pekanbaru tidak masuk dalam bagian untuk dievaluasi,” ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini tidak ada keputusan penghapusan rute internasional di Bandara Pekanbaru dari Kementerian Perhubungan.

Fasilitas Bandara SSK II Pekanbaru Termasuk Kategori Layak

Kementerian Perhubungan juga menyatakan bahwa fasilitas pendukung yang ada di Bandara Pekanbaru sudah masuk ke dalam kategori layak untuk bandara Internasional.

Hingga saat ini, penerbangan internasional di Bandara Pekanbaru ini masih beroperasi seperti biasanya, seperti penerbangan ke beberapa negara yakni Malaysia dan Singapura.

“Mudah-mudahan lah memang sesuai dengan pernyataan mereka. Namun demikian, nanti tetap, Pak Gubernur akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Kementerian Perhubungan untuk memastikan informasi ini. Insya Allah, aman,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau.

Sebelumnya, Ketua Asita Riau mengatakan jika bandara Pekanbaru tidak berstatus international lagi, pastinya akan beresiko untuk para wisatawan dari manca negara atau wisman yang nantinya tidak langsung berkujung ke Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.