Cegah Cacar Monyet, Cuci Tangan Pakai Sabun

0
849
Cegah Cacar Monyet

Cegah penyebaran virus cacar monyet, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendorong warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Mengenal PHBS

PHBS dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan. Selain itu juga memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Jadi pada dasarnya, PHBS adalah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Dengan adanya PHBS ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran agar mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Dengan demikian masyarakat mampu mencegah serta menanggulangi masalah kesehatan.

Tidak hanya itu saja, dengan menerapkan PHBS masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang sehat serta meningkatkan kualitas hidup.

Belum Ada Kasus di Pekanbaru

Meskipun belum ada laporan warga terkonfirmasi terinfeksi virus tersebut, Kepala Diskes Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldy Saragih, menekankan pentingnya PHBS sebagai langkah preventif.

dr. Zaini Rizaldy Saragih menyampaikan imbauan kepada warga Pekanbaru untuk secara rutin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebagai bagian dari PHBS.

“Warga diimbau untuk menerapkan PHBS. Rajin untuk mencuci tangan pakai sabun serta dengan menggunakan air mengalir,” ucapnya.

Untuk diketahui, meskipun kasus cacar monyet telah tercatat di Indonesia, Pekanbaru saat ini masih bebas dari penyakit tersebut.

Kenali Gejala Cacar Monyet

Dalam pengawasan terhadap penyebaran virus, Diskes Pekanbaru akan terus memantau kondisi kesehatan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk waspada terhadap gejala-gejala cacar monyet.

Misalnya seperti ruam di wajah, tangan, area genital, dan kaki, yang biasanya disertai demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Pihak berwenang juga mengajak seluruh masyarakat untuk aktif menjaga kebersihan diri guna cegah potensi penyebaran cacar monyet di Kota Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.