Cara Menyimpan Uang Kertas Untuk Koleksi

200
Cara Menyimpan Uang Kertas

Encik dan Puan Hobi mengoleksi uang kertas? jika demikian, tentu Encik dan Puan harus mengetahui tips dan cara menyimpan uang kertas untuk koleksi dengan baik supaya tidak cepat rusak.

Akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat yang mengantri untuk menukarkan uang edisi khusus Rp75 ribu, sangat disayangkan uang khusus memeriahkan kemerdekaan RI ke75 ini tidak disimpan dengan sebaik mungkin.

Apalagi, jika uang tersebut ditemukan koyak atau sobek di pasaran, padahal dicetak dengan sangat terbatas dan hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang berhasil menukarkannya.

Berikut ini cara menyimpan uang koleksi yang baik dan benar:

Hindari melipat uang dan menyimpan uang di dalam dompet

Tahukah Encik dan Puan, menyimpan uang koleksi di dompet bukan sesuatu yang aman karena uang bisa terlipat dan bentuknya tidak lagi seperti semula.

Oleh sebab itu, usai menukarkan uang atau mendapatkan uang untuk koleksi, Encik dan Puan harus menyimpannya dengan baik, usahakan tidak terlipat sedikit pun apalagi disimpan di dalam saku baju atau celana.

Bila perlu, masukkan kedalam buku yang lumayan tebal sehingga bisa meminimalisir kerusakan uang sebelum dibingkai dan dilaminating untuk disimpan di tempat yang lebih baik.

Hindari menyimpan uang di tempat yang lembab dan Basah

Menyimpan uang di tempat yang lembab akan menyebabkan uang cepat rusak dan koyak, makanya jangan sampai uang tersebut basah.

Jika uang terkena air, dikhawatirkan akan membuat uang tidak bernilai karena material yang ada dalam uang tersebut dianggap rusak.

Hindari menyimpan uang di tempat yang akan dimakan rayap

Bukan sesuatu tidak mungkin kalau uang yang Encik dan Puan simpan di makan rayap karena tidak disimpan dengan baik seperti menyimpan uang di dalam lemari tanpa di laminating dan dibingkai dulu.

Jadi perlu diingat, menyimpan uang dalam lemari dan membiarkannya begitu saja tidak menjamin uang itu aman dan tidak rusak.

Simpanlah uang dengan cara dibingkai, dilaminating atau di album foto

Cara yang paling aman adalah menyimpan uang dengan cara di bingkai, di laminating atau dimasukkan dalam album foto, sehingga uang tersebut aman dari berbagai kemungkinan diatas.

Setelah dilaminating, di bingkai atau disimpan dalam foto, usahakan uangnya dipajang di tempat tertentu sebagai kenangan apalagi uang yang memang edisi khusus seperti uang nominal Rp75 ribu.

Itulah beberapa tips dan cara menyimpan uang kertas untuk koleksi yang bisa Encik dan Puan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kedepannya tidak terjadi lagi kesalahan dalam menyimpan uang koleksi ya Encik dan Puan sehingga menyebabkan penyesalan di kemudian hari.