Serba Serbi Uang Pecahan Rp75 Ribu

259
Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Uang pecahan Rp75 ribu masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, banyak sekali yang ingin memiliki uang tersebut untuk menjadikannya koleksi.

Apakah Encik dan Puan termasuk pemburu uang tersebut? Berikut ini kami sajikan tulisan terkait serba serbi uang pecahan Rp75 ribu:

Dicetak untuk memperingati HUT RI ke-75

Tahukah Encik dan Puan, uang pecahan Rp75 ribu ini dicetak edisi khusus memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun pada tanggal 17 Agustus lalu.

Uang ini dicetak sebanyak 75 juta lembar yang dikategorikan sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) yang ditujukan sebagai uang koleksi bukan uang untuk transaksi.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, menjelaskan bahwa uang Rp 75 ribu ini adalah bentuk rasa syukur bangsa yang telah mencapai usia kemerdekaan hingga 75 tahun dan melambangkan keberhasilan pembangunan selama 75 tahun.

Dicetak terbatas

Karena sebagai UPK, uang ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar yang disebarkan di seluruh Indonesia. Jadi, jika Encik dan Puan ingin memilikinya silahkan langsung dipesan segera.

Hal lain yang perlu Encik dan Puan ketahui, adalah satu orang hanya bisa memiliki satu lembar uang saja tidak boleh lebih bahkan terkhusus yang hanya memiliki KTP saja.

Cara mendapatkannya

Cara Mendapatkan Uang Baru Rp 75000

Syarat paling utama mendapatkan uang ini adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), kemudahan melakukan pengisian data di aplikasi PINTAR atau di laman pintar.bi.go.id.

Setelah mendaftarkan diri di aplikasi tersebut, Encik dan Puan tinggal datang ke lokasi Penukaran yang telah Encik dan Puan pilih sebelumnya dengan membawa KTP asli dan membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital.

Nah, silahkan melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang tertera pada bukti pemesanan ya Encik dan Puan.

Peminatnya sangat banyak

Encik dan Puan pasti tau lah ya kalau uang baru ini peminatnya sangat banyak, antusias masyarakat sangat luar biasa dalam memiliki uang koleksi ini, bahkan sudah banyak tempat yang tidak bisa lagi melakukan penukaran.

Informasi terbarunya, daftar sekarang bisa jadi bulan depan baru ke bagian untuk menukarkan uang tersebut. Bagaimana tidak ya Encik dan Puan, uang yang sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia saat ini.

Ada pakaian adat Melayu Riau di uang tersebut

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Salah satu hal yang membanggakan bagi Riau tentunya, pakaian adat melayu Riau ada di salah satu gambar anak yang ada di uang baru tersebut.

Dari sembilan anak yang berusia 10 tahun itu, terdapat seorang anak perempuan mengenakan baju kembanggaan Riau.

Pemilihan anak Riau sebagai salah satu gambar yang ada di sana adalah karena Riau juga menjadi salah satu daerah yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan RI adalah Sultan Syarif Kasim yang menyumbangkan uangnya.

Selain itu juga, Riau juga termasuk daerah yang kaya akan budaya dan sejarah, sehingga pusat memilih Riau termasuk dalam kategori layak masuk dalam uang itu.

Semoga dengan adanya pakaian adat Riau pada uang itu bisa membuat anak muda Riau terpacu untuk maju dan terus berkembang untuk membangun negeri ini ya Encik dan Puan.

Itulah beberapa serba serbi uang Rp75 ribu, semoga bermanfaat…