Cara Mengatasi Stres Belajar Online

54
Stres Belajar Online

Belajar secara daring atau online memang masih baru dan menimbulkan banyak kebosanan bahkan banyak yang mengeluh tidak fokus. Untuk itu, berikut akan dijabarkan beberapa cara mengatasi stres belajar online.

Encik dan Puan yang sedang menempuh pendidikan, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem belajar online. Mulai dari sistem belajar Zoom Meeting, Google Meet, Google Classroom dan lainnya. Semua itu diberlakukan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Sebenarnya ada plus minus dalam sistem pembelajaran online. Salah satu plusnya, Encik dan Puan bisa memahami sistem pembelajaran yang sudah banyak digunakan di luar negeri menyongsong revolusi Industri. Minusnya, karena sistem online, banyak yang tidak bisa fokus dan sulit menerima pembelajaran secara baik.

Namun dengan adanya pandemi ini Encik dan Puan, mengajar kita untuk siap sedia dalam segala situasi dan meninggalkan zona nyaman kemudian berubah pada situasi serba sulit. Hal ini tentu saja membuat kita belajar banyak hal dan berusaha menyesuaikan diri dengan situasi itu.

Untuk menghindari kebosanan ketika belajar online, berikut beberapa cara mengatasi stres belajar online yang mungkin bisa Encik dan Puan lakukan ketika belajar:

Carilah posisi belajar yang aman dan nyaman

Karena sistem pembelajaran online dan sistem belajar dari rumah, maka Encik dan Puan perlu mengatur sebuah tempat ternyaman di rumah untuk belajar online, misalnya menggunakan kursi seperti di sekolah atau duduk lesehan atau posisi lainnya yang terbaik menurut Encik dan Puan.

Nyamanya setiap orang berbeda-beda ya Encik dan Puan, makanya kamu harus melihat dan memilih tempat belajar itu sesuai diri kamu dan apa yang kamu inginkan, intinya senyamannya kamu agar pelajaran terasa mudah dan menyenangkan.

Atur jadwal dengan sebaik mungkin

Jadwal belajar otomatis sudah diberikan dari sekolah, tapi Encik dan Puan harus bisa mengatur kapan waktu istirahat, jam berapa harus tidur dan jadwal lainnya agar tubuh bisa beristirahat dengan maksimal.

Makanya, Encik dan Puan harus mengatur jadwal dengan baik karena ini menjadi salah satu hal penting terutama untuk menghindari stres dalam belajar online. Untuk itu, ketika istirahat gunakan waktu sebaik mungkin untuk refleksi otak mungkin dengan menonton atau mendengarkan musik atau kegiatan lainnya.

Bertanya jika ada yang tidak dimengerti

Jangan malu untuk bertanya kepada guru usai mengikuti pelajaran, karena jika Encik dan Puan tidak mengerti akan menambah stres dan membuat pelajaran menjadi sia-sia.

Jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat

Menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat akan berpengaruh pada mood belajar Encik dan Puan. Maka dari itu, pola makan harus diperhatikan ya Encik dan Puan supaya belajar menjadi terasa menyenangkan meskipun di tengah keterbatasan.

Belajar tambahan melalui youtube atau video pembelajaran lainnya

Untuk menambah wawasan dan menghindari jenuh cuma membaca di layar monitor atau layar HP, alangkah baiknya Encik dan Puan mencoba pembelajaran dengan menonton video yang lebih menarik dan mudah dipahami. Banyak sekali video pembelajaran menarik di youtube yang bisa Encik dan Puan jadikan acuan dalam menambah wawasan.

Buat catatan semenarik mungkin

Bagian ini tidak kalah penting untuk ditetapkan ya Encik dan Puan, setelah mendengarkan materi yang disampaikan guru hendaknya dicatat poin pentingnya.

Buatlah catatan itu dengan semenarik mungkin atau bila perlu diberi warna warna yang menarik untuk dibaca supaya menambah ketertarikan Encik dan Puan untuk belajar dan membaca catatan.

Itulah beberapa cara mengatasi stres belajar online yang bisa Encik dan Puan lakukan, semoga bermanfaat.