Car Free Day Pada 1 Januari 2023, Dishub Belum Beri Kepastian

23
car free day

Encik dan Puan, Car Free Day di Kota Pekanbaru merupakan kegiatan yang dilakukan dengan bertujuan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.

CFD ini selalu dilaksanakan pada akhir pekan. Kegiatan ini berlokasi di Pusat Kota yang berada di Jalan Jendral Sudirman dan sekitarmya.

Ruas jalan yang menjadi lokasi dilaksanakannya kegiatan ini biasanya ditutup. sehingga, masyarakat dapat dengan bebas berjalan kaki dan berolaraga tanpa adanya kendaraan yang berlalu lalang.

Namun, pada minggu (25/12/2022) kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD ini ditiadakan. Hal tersebut dikarenakan bertepatan pada hari perayaan natal 2022.

Hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemko Pekanbaru tentang kapan CFD ini akan dilaksanakan kembali.

Belum Ada Informasi Lanjutan

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga saat ini belum memberikan keputusan apakah pada tanggal 1 januari 2023 yang bertepatan pada hari minggu, Car Free Day (CFD) akan kembali diadakan atau ditiadakan.

Masih Dalam Proses Berdiskusi

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pekanbaru, Yuliarso mengatakan bahwa pihaknya masih berdiskusi dengan pihak kepolisian tentang kapan CFD akan dilaksanakan kembali.

“Karena malamnya kami bertugas. Saya belum dapat petunjuk dan arahan. Meski demikian, nanti ada pertimbangan sebelum hari Jumat ini berakhir kami akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian dan lainnya,” pungkas Yuliarso.

Sebelumnya Pemerinta Kota (Pemko) Pekanbaru memalui Disnas Perhubungan (Dishub) mengeluarkan pernyataan bahwa Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ditiadakan pada tanngal Minggu (25/12/2022) hal ini disebakan  bertepatan dengan Hari Prayaan Natal 2022.