Call Center Sampah Pekanbaru, Catat Nomornya

0
2389
Call Center Sampah Pekanbaru

Dinas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru meluncurkan layanan call center sampah Pekanbaru.

Adapun hal tersebut dilakukan oleh DLHK Kota Pekanbaru untuk mengantisipasi banyaknya tumpukan sampah yang ada di Kota Pekanbaru.

Update April 2022:

Disampaikan oleh Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi meminta masyarakat untuk melaporkan bila masih menemukan tumpukan sampah melalui call center di nomor 0821-7191-9992.

Ia meminta masyarakat yang mengadukan ada tumpukan sampah, harus melengkapi data lokasi tumpukan sampah.

Agar memudahkan petugas menelusuri lokasi tumpukan sampah. Sehingga, petugas bisa dengan cepat menindaklanjuti aduan yang masuk ke dinas.

“Di foto, alamatnya di mana, kondisinya bagaimana, nanti saya kirim petugas. Ada nomor call center kita,” ujarnya di Pekanbaru, Jumat (15/4/2022).

Di samping itu, pihaknya menyebutkan bahwa pengangkutan sampah saat ini belum bisa optimal. Karena petugas belum bisa menjangkau keseluruhan pemukiman warga. Untuk itu, ia juga minta masyarakat aktif memberikan laporan jika menemukan tumpukan sampah.

“Sementara untuk yang mandiri itu bingung mau buang sampahnya ke mana. Yang mandiri ini tidak bisa membuang sampah ke TPA semenjak ada kontrak ini,” pungkasnya.

Tim Gakkum

Untuk mengatasi permasalahan sampah, salah satu upaya DLHK Kota Pekanbaru adalah dengan membentuk tim penegakkan hukum (gakkum).

Adapun tim gakkum ini ungkap Hendra akan memantau secara rutin setiap hari mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Tim gakkum ini akan menindak jika ditemukan adanya pihak yang membuang sampah tidak pada tempatnya serta tidak pada waktu yang telah ditentukan.

Tim gakkum ini juga akan menindak tegas pengangkut sampah ilegal yang mengutip iuran sampah di tengah masyarakat namun membuang sampah yang diangkutnya sembarangan.

Pemenang Lelang

Sebagaimana diketahui, pengelolaan angkutan sampah masih diserahkan kepada pihak ketiga. Ada dua operator yang jadi pemenang lelang angkutan sampah tahun 2023 di Kota Pekanbaru.

Kedua operator pemenang lelang angkutan sampah tersebut adalah PT. Ella Pratama Perkasa dan PT. Samhana Indah. Yang mana telah menandatangani kontrak kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru pada 30 Desember 2022 yang lalu.

PT. Ella Pratama Perkasa untuk pengangkutan sampah di zona I. Sedangkan untuk pengangkutan zona II diserahkan kepada PT. Samhana Indah. Untuk zonasi sampah di Pekanbaru, bisa baca di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.