Bibir Sering Kering, Kenali Penyebab Serta Cara Mengatasinya

62
Bibir Sering Kering, Kenali Penyebab Serta Cara Mengatasinya

Encik dan Puan, tak jarang bibir sering kering dapat merusak penampilan kita sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam berpenampilan. Yuk kenali penyebab dan cara mengatasi bibir agar tidak kering.

Penyebab Bibir Kering
Terpapar sinar matahari

Suhu Kota Pekanbaru yang tebilang cukup tinggi dapat menyebabkan bibir kering. Hal ini dikarenakan terpaparnya sinar UV dari matahari yang langsung mengenai bibir tanpa adanya perlindungan, hal inilah yang dapat membuat bibir kering hingga pecah-pecah.

Membasahi bibir dengan air liur

Kebiasaan membasahi bibir menggunakan air liur ketika bibir terasa kering dapat menjadi salah satu faktor terjadinya bibir kering. Kandungan enzim yang terdapat pada air liur menyebabkan hilangnya kelembapan pada bibir sehingga terasa kering.

Menggunakan produk bibir yang tidak cocok

Penggunaan produk pada bibir yang tidak cocok dapat menyebabkan iritasi pada kulit bibir. Sangat disarankan sebelum membeli atau menggunakan produk bibir perlu dicek terlebih dahulu kandungan pada produk tersebut.

Cara Mengatasi Agar Bibir Tidak Kering
Minum air putih yang banyak

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, salah satu ciri-ciri terkena dehidrasi ialah bibir kering. Hal ini dapat diatasi dengan minum air putih yang banyak. Minum air putih dapat memberikan cairan ke tubuh sehingga cairan dalam tubuh terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi dan bibir kering. Ketika tubuh memiliki cair yang cukup maka bibir akan lembap dari dalam. Maka, sangat dianjurkan untuk Encik dan Puan minum air putih yang banyak.

Memakai lip balm

Cara mengatasi agar bibir tetap lembap ialah dengan cara menggunakan lip balm. Kandungan pada lip balm seperti petroleum, beeswax atapun minyak lainnya dapat lebapkan bibir kembali.  Lip balm yang dianjurkan ialah yang mengandung SPF agar terhindar dari bibir sering kering atau pecah-pecah akibat sinar matahari.

Melakukan perawatan bibir

Perawat bibir dapat mengurahi serta menghindari keringnya bibir. Hal yang dapat dilakukan untuk merawat bibir ialah seperti menggunakan madu sebelum tidur. Penggunaan madu sebelum tidur dapat membantu agar bibir tetap lembap dan ternutrisi secara alami. Kemudian penggunaan produk sleeping lip mask juga dapat membantu dan menjaga kelembapan pada bibir.