Belanja di PJ Pasar Kodim Yuk

214
PJ Pasar Kodim Pekanbaru

Encik dan Puan tentunya tau jika di Pekanbaru ini ada pusat pasar jongkok (PJ) yang berkualitas, ya, PJ Pasar Kodim. Di sini kita bisa mendapatkan barang bekas, terutama fashion dengan kualitas premium.

Kita pastinya tidak asing lagi dengan Pasar Kodim Pekanbaru. Pasar ini bersebelahan langsung dengan pusat perbelanjaan The Central Plaza, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Pekanbaru.

Pasar kodim sendiri terkenal dengan gudangnya pakaian dan sepatu bekas import di Pekanbaru. Encik dan Puan yang sudah pernah ke PJ Pasar Kodim yang berada di lantai 3 Plaza The Central ini pasti tau lah kualitas barang dan cara penawarannya bagaimana.

Berdasarkan informasi dari pedagang baju bekas Riri, PJ Pasar Kodim ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sayangnya, sewaktu tim infoPKU berkunjung ke sini pukul 11.15 WIB, masih banyak kios yang tertutup dan belum banyak pembeli.

PJ Pasar Kodim Pekanbaru Sepi

Riri menyebutkan, belakangan banyak kios pedagang yang tutup karena penjualan menurun sementara uang sewa tetap harus dibayar.

Jelas Riri, banyak pedagang yang mengeluh dengan berkurangnya jumlah pengunjung ke pasar tersebut untuk mencari barang bekas. Namun Riri tidak mengetahui alasan yang pasti kenapa begitu.

Berbicara masalah Pasar Kodim, banyak kesan yang muncul di benak penulis. Karena berada satu lokasi sama pedagang sayur mayur, ikan, dan segala keperluan memasak lainnya membuat pasar ini agak terlihat kumuh meskipun terdiri dari beberapa lantai.

PJ Pasar Kodim Pekanbaru Kumuh

Jadi jangan heran Encik dan Puan jika berkunjung ke Pasar Kodim terlihat seperti bangunan tua yang kurang tertata, tapi kita berharap kedepannya Pasar Kodim ini juga turut menjadi perhatian berbagai pihak ya Encik dan Puan.

Pasar ini sendiri terdiri dari beberapa lantai, lantai dasar dipenuhi oleh pedagang sayur dan keperluan rumah tangga lainnya. Untuk lantai dua diisi oleh pedang sepatu, tas, gorden, dasi, ikat pinggang dan topi.

Aneka Dasi di PJ Pasar Kodim Pekanbaru

Sedangkan lantai berikutnya, dipenuhi oleh para penjual pakaian seperti baju, rok, celana, jaket, topi, ikat pinggang serta barang-barang lainnya.

Ada banyak pilihan barang dengan berbagai merk ditempat ini, salah satu barang yang menjadi incaran pembeli yaitu sepatu sport import merk nike airmax, adidas running dan sepatu sport import lainnya.

Aneka Sepatu di PJ Pasar Kodim Pekanbaru

Salah seorang pedagang sepatu bekas, Mama Poma, menyebutkan bahwa barang-barang import bekas tersebut tidak hanya dibeli oleh masyarakat biasa namun juga masyarakat golongan atas seperti pejabat dan pegawai swasta lainnya.

Jelas Mama Poma, banyak konsumen mencari produk-produk import ke Pasar Kodim dengan berharap mendapatkan barang berkualitas dengan budget yang minim.

Ia mengatakan, meskipun sepatu-sepatu bermerk barang import tersebut dijual dengan harga yang lumayan tinggi, tidak ada pembeli yang menawar dengan harga yang murah karena rata-rata pembeli sudah mengetahui brand barang tersebut.

Untuk informasi tambahan bagi Encik dan Puan, para pedagang barang bekas ini mengaku membeli barang dari tauke yang berhubungan langsung dengan pihak pemasok barang bekas ke Indonesia yang berasal dari Singapore.

Jadi, barang-barang bekas tersebut ada pusatnya di Pekanbaru. Setelah barang datang, para pedagang lainnya akan membeli barang berkarung-karung goni besar, kemudian diseleksi dan dicuci sendiri oleh pedagang sebelum dijual dan dipasarkan kembali.

Untuk harga barang bekas tersebut bervariasi tergantung merek barangnya, karena pedagang mengecek terlebih dahulu merek dan harga barang di google sebelum menetapkan harga. Intinya, Encik dan Puan harus pandai-pandai nego.

Pembeli barang bekas tersebut tidak hanya dari Riau khususnya Kota Pekanbaru, namun juga berasal dari luar daerah bahkan dari beberapa provinsi tetangga.

Nah, bagi Encik dan Puan yang hendak mencari barang bekas import, PJ Pasar Kodim bisa menjadi salah satu tempatnya. Untuk catatan bagi Encik dan Puan, harus teliti dalam memilih barang! Jangan sampai barang sudah dibeli tapi ternyata tidak sesuai dengan selera.

Selain itu, menjadi catatan penting adalah menjaga barang bawaan masing-masing. Karena waktu ramainya, banyak sekali pengunjung yang berdesak-desakan barangkali membahayakan barang berharga Encik dan Puan.

So, yang ingin berkunjung segera dipercepat supaya tidak kehabisan barang, selamat berbelanja dan selamat berburu barang-barang import Encik dan Puan….