Bandar Serai Festival 2022 Akan Digelar di Pekanbaru

183
Bandar Serai Festival 2022

Bandar Serai Festival (BASF) 2022 masuk dalam jajaran Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI 2022.

Tampilkan Seni & Budaya

BASF ini sendiri menjadi bagian dari 110 iven bergengsi di Indonesia. Nantinya, dalam kegiatan itu akan menampilkan berbagai rangkaian pertunjukan seni dan budaya.

Bandar Serai Festival (BASF) 2022 ini akan digelar pada 19-26 Juni mendatang di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) Pekanbaru.

Iven yang akan berlangsung selama delapan hari ini akan melibatkan 718 seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti dari Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Padang Panjang, Bengkulu, serta daerah lain di luar Provinsi Riau.

Kharisma Events Nusantara BASF 2022 juga akan dihadiri penampilan grup musik dari negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Menariknya lagi, akan hadirkan berbagai program-program keren, seperti art show, art exhibition, tenant kreatif dan UMKM.

Fokus Pada 2 Isu Penting

Penyelenggaraan BASF kali ini mencoba menyikapi kondisi-kondisi terkini dunia dengan menghadirkan tema “Art For Healing”.

Festival Director Bandar Serai Festival 2022 Benie Riaw menerangkan, dalam pertunjukan kali ini difokuskan pada dua isu penting. Yakni pandemi COVID-19 dan isu ekologi. BASF 2022 akan dikemas dengan isu-isu yang hadir di tengah pandemi dan kerusakan lingkungan yang masif.

“Isu ekologi tak kalah hebohnya dengan pandemi COVID-19, seperti penurunan emisi, pemanasan global, kerusakan lingkungan,” kata Benie, Kamis (16/6/2022).

Benie menyebutkan, banyak peristiwa kesenian yang pernah dilangsungkan di komplek Bandar Serai dari tahun 2000-an awal, baik iven daerah, nasional, bahkan internasional. Hal itulah yang menjadikan salah satu alasan kenapa Bandar Serai Festival 2022 hadir dan dilaksanakan di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru.

Penyambung Semangat Seni & Budaya

Selain itu, alasan lainnya diharapkan pula kegiatan ini dapat menjadi penyambung semangat seni dan budaya di Riau yang hampir vakum dua tahun tidak berkegiatan di masa pandemi COVID-19.

Benie juga menyebut BASF 2022 ini sebagai Art Summit Provinsi Riau. Yang mana akan menjadi puncak helat-helat yang pernah dilaksanakan di kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji.

“Sehingga (BASF, red) bisa menjadi nilai tawar ke masyarakat luas untuk dapat menyaksikannya,” katanya.