Angka Sebaran Covid19 Riau Hari ini Capai 65.883

0
399
Angka Sebaran Covid19 Riau

Angka sebaran Covid19 Riau Hari Ini (Senin, 14/6/2021) bertambah sebanyak 163 kasus, 546 pasien yang telah sembuh, dan 9 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 65.720 kasus menjadi 65.883 kasus.

Dari angka sebaran Covid19 Riau Hari Ini, sebanyak 60.253 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 616 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 3.242 orang isolasi mandiri, serta 1.772 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 95.614 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 154 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 90.585 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.570 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 305 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 926 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 796 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 352.907 sampel.

Kasus Positif COVID-19 di Riau Menurun

Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau, mulai mengalami penurunan dalam satu minggu ini. Namun, penurunan kasus ini lantaran karena sample swab yang masuk juga mengalami penurunan, apabila dibandingkan dengan kasus yang terjadi selama bulan Mei lalu.

Masyarakat Diminta tetap Waspada

Juru bicara penanganan COVID-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, walaupun kasus positif COVID-19 di Riau menurun, masyarakat harus tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan, selama masih terdapat kasus COVID-19.

Mutasi Virus B117 di Riau Belum Ditemukan

Mutasi virus corona B117 hingga saat ini belum ditemukan di Riau. Sebelumnya virus ini sempat ditemukan pada kapten kapal asal India yang sempat berlabuh di Dumai.

Sejumlah petugas di pelabuhan dan dokter yang menangani pasien ini pun belakangan juga dinyatakan positif Covid-19.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan di Whole Genome Sequencing (WGS) Litbangkes Jakarta para petugas dan dokter yang kontak erat dengan kapten kapal asal India tersebut negatif virus B117. Meskipun mereka dinyatakan positif Covid-19.

Sejauh ini mutasi virus B117 di Riau baru ditemukan di kapten kapal asal India tersebut saja. Saat ini kapten kapal tersebut sudah sembuh dan sudah kembali ke negara asalnya.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.