Angka Sebaran Covid-19 Riau Hari ini Capai 65.720

271
Angka Sebaran Covid-19 Riau

Angka sebaran Covid-19 Riau Hari Ini (Minggu, 13/6/2021) bertambah sebanyak 322 kasus, 403 pasien yang telah sembuh, dan 13 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 65.398 kasus menjadi 65.720 kasus.

Dari angka sebaran Covid-19 Riau Hari Ini, sebanyak 59.707 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 654 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 3.596 orang isolasi mandiri, serta 1.763 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 95.529 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 160 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 90.560 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.506 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 303 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 2.063 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.825 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 351.981 sampel.

5 Dokter di Riau Meninggal Akibat Covid-19

Dunia kesehatan Provinsi Riau kembali berduka dengan meninggalnya seorang tenaga kesehatan (nakes) setelah sempat dirawat akibat Covid-19, yaitu dokter Miharza yang bertugas sebagai dokter umum sekaligus vaksinator di RSD Madani Pekanbaru, Selasa (8/6/2021) lalu.

Sebelumnya, diketahui sudah 4 dokter yang meninggal dunia karena positif Covid-19 yaitu dokter Oki Alfian yang bertugas sebagai Kepala Puskesmas Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, dokter Jhon Andi Zainal yang bertugas di Puskesmas Air Tiris, Kabupaten Kampar, dokter Yudi Rianto seorang dokter umum swasta yang membuka praktik sendiri dan berasal dari Duri, dan dokter Fransiskus Hamido Hutauruk, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang berdinas di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Satgas Pastikan Perlindungan Bagi Nakes

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi mengatakan bahwa tugas mulia yang diemban nakes memang sebuah pengorbanan yang besar.

Dengan adanya tenaga kesehatan yang meninggal dunia ini, Yovi kembali mengingatkan kepada nakes agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan tugasnya. Apalagi saat merawat pasien Covid-19.

Selain itu, Yovi juga mengingatkan agar seluruh nakes harus divaksin. Supaya jika terpapar Covid-19 tidak mengalami gejala yang berat.

Mutasi Virus B117 di Riau Belum Ditemukan

Mutasi virus corona B117 hingga saat ini belum ditemukan di Riau. Sebelumnya virus ini sempat ditemukan pada kapten kapal asal India yang sempat berlabuh di Dumai.

Sejumlah petugas di pelabuhan dan dokter yang menangani pasien ini pun belakangan juga dinyatakan positif Covid-19.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan di Whole Genome Sequencing (WGS) Litbangkes Jakarta para petugas dan dokter yang kontak erat dengan kapten kapal asal India tersebut negatif virus B117. Meskipun mereka dinyatakan positif Covid-19.

Sejauh ini mutasi virus B117 di Riau baru ditemukan di kapten kapal asal India tersebut saja. Saat ini kapten kapal tersebut sudah sembuh dan sudah kembali ke negara asalnya.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.