Pelaksanaan Petang Megang 2015 - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Pelaksanaan Petang Megang 2015

Pelaksanaan Petang Megang 2015


Buat yang belum tau apa itu Petang Megang, bagaimana pelaksanaannya, dan lain-lain. Tak ade salahnye jike Encik dan Puan tengok prosesi Petang Megang yang telah kami rangkum dalam beberapa video berikut ini. Enjoy!

Ziarah Makam

Rangkaian acara Petang Megang dimulai dengan ziarah makam para pendiri Kota Pekanbaru. Setelah ziarah makam dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah, kemudian pawai bersama masyarakat menuju Sungai Siak.

Pencak Silat

Setelah pawai sepanjang 1,6 km, kita disuguhi oleh atraksi pencak silat. Pencak silat merupakan seni bela diri yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini kini secara luas dikenal di kawasan ASEAN.

Mandi Balimau

Mandi Balimau ini berbeda dengan yang ada di Kabupaten Kampar, tidak ada mandi bercampur. Pada prosesi ini, para anak yatim dimandikan dengan air balimau untuk menyambut bulan ramadhan secara simbolik.

Menangkap Itik

Menangkap itik ini menjadi acara favorit warga yang mengikuti prosesi adat ini. Selain karena keseruannya, itik yang berhasil ditangkap menjadi milik warga, serta ada hadiahnya lho.

Nah, seru kan Encik dan Puan. Iven ini akan terus dilestarikan dan nantinya akan dijadikan agenda nasional lho. Tak kan Melayu hilang di bumi 😉

About Admin