Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR Taja Seminar Internasional - InfoPKU
Home » Pendidikan » Kampus » Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR Taja Seminar Internasional

Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR Taja Seminar Internasional


Untuk menjalin relasi antar universitas sekaligus memperkenalkan Universitas Islam Riau (UIR) ke tingkat Internasional, Teknik Perminyakan UIR menaja kegiatan seminar internasional dengan mendatangkan pakar teknik perminyakan lintas negara.

Seminar ini mengusung tema “Sustaining oil and gas production by utilizing new robust technology from laboratory to industry“, yang dihadiri oleh berbagai mahasiswa antar Universitas yang ada di Riau. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Rektorat UIR lantai IV, Rabu (26/6).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Ketua Jurusan Teknik Perminyakan UIR, Muslim, menjelaskan bahwa seminar internasional merupakan salah satu upaya mendorong untuk mewujudkan visi misi UIR unggul 2020.

Sehingga, Muslim merasa perlunya kerjasama antar negara bahkan benua untuk memperkenalkan UIR terutama kehadiran teknik perminyakannya yang perlu diperhitungkan di tingkat dunia.

Untuk diketahui, seminar ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh teknik perminyakan UIR yang berhasil mendatangkan berbagai pakar lintas negara.

Adapun beberapa narasumber nya yaitu Falen Srisuriyachi dari Chulalongkorn University Thailand, Goh Tian Lai dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UTM), Mohammed Al Syarif dari Sebha University Libya, Noraini Binti Surip dari UCSI University Malaysia, serta Mary Gonzales dari University Of Adelaide Australia.

Muslim berharap, adanya kegiatan ini memberikan sumbangsih bagi generasi Riau untuk membangun kembali perminyakan di Riau.

Serta mengetahui peran penting dari penemuan penelitian minyak dan gas untuk diuji di laboratorium kemudian mengetahui tingkat kelayakannya untuk disalurkan ke bidang industri.

“Ini seminar yang kedua kalinya. Semoga memberikan efek positif bagi tamu yang hadir dengan pemateri dari berbagai negara,” jelasnya.

Lebih lanjut Muslim memaparkan, meski terjadi penurunan penghasilan minyak di Riau, masih ada berbagai solusi terkait gas dan minyak yang bisa diangkat Riau untuk Riau lebih baik lagi.

“Meskipun terjadi penurunan, dengan seminar ini kita bisa bertukar pikiran mencari solusi dari permasalahan yang ada,” sebut Muslim.

Selanjutnya, salah seorang pemateri dari Universitas Teknologi Malaysia, Goh Tian Lai, menyebutkan, acara seminar internasional ini sangat bagus sekali diselenggarakan.

Menurut Goh, selain menjalin kerjasama kegiatan ini juga lahan untuk memperkenalkan masing-masing Universitas yang ada.

“Kegiatan ini bagus sekali, semoga terus berlanjut, mendatangkan pembicara yang lebih paham lagi dibidang minyak dan gas. Jadi ilmu dan wawasan kita terus bertambah,” katanya.

Selanjutnya, Goh turut mengapresiasi melihat antusias peserta yang hadir di seminar. Menurut Goh, semangat generasi Riau dalam menuntut ilmu dan berdiskusi masih bagus.

About Ika Ika

Ika Ika