CFD Pekanbaru Yang Kian Sesak - InfoPKU
Breaking News
Home » Opini » CFD Pekanbaru Yang Kian Sesak

CFD Pekanbaru Yang Kian Sesak


CFD

Tiap hari Ahad, biasanya kawasan Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada berubah menjadi kawasan bebas kendaraan atau yang biasa kita kenal dengan CFD.

CFD merupakan singkatan dari Car Free Day, yakni sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota besar di dunia yang disebabkan oleh kendaraaan bermotor.

Kegiatan ini pertama kali diadakan di Belanda tiap hari Ahad, pada tanggal 25 November 1956. Kemudian pada tahun 1995, Prancis melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath.

Pada Green Transport Week ini semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut, yang kemudian menjadi perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day dan pada akhirnya diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan tahun 2001. Berlokasi di Jl Imam Bonjol, saat itu dilakukan penutupan jalan setelah bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Sedangkan di Kota Pekanbaru sendiri, CFD untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Desember 2009. Waktu itu Polda Riau bersama Pemprov Riau menggelar Car Free Day yang diramaikan door prize dan sarapan pagi gratis.

Awalnya pelaksanaan CFD di Pekanbaru ini sama dengan pelaksanaan di berbagai belahan dunia lainnya, yakni kampanye tentang pencemaran udara akibat kendaraan bermotor.

Kemudian masyarakat Pekanbaru juga memanfaatkannya dengan berolahraga serta beraktivitas di sana. Akibat keramaian tersebut, banyak juga komunitas serta berbagai pedagang yang juga memadatinya.

Kini, areal bebas kendaraan ini tak lagi senyaman dulu. Selain dipadati oleh masyarakat Pekanbaru, pedagang yang berjualan di sana menambah sesak kawasan tersebut.

Tak jarang, followers @infoPKU juga sering mengeluhkan hal tersebut. Silakan simak uneg-uneg mereka berikut ini, barangkali Encik dan Puan juga setuju.

About Admin