#beritaPKU BSM Naik, Disdik Verifikasi Data Siswa Penerima - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » #beritaPKU BSM Naik, Disdik Verifikasi Data Siswa Penerima

#beritaPKU BSM Naik, Disdik Verifikasi Data Siswa Penerima


Kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menaikkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa keluarga kurang mampu disambut antusias Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau.

‘’Ini kan hanya untuk pegawai sekretariat saja. Jumlahnya tidak banyak. Selain itu, honorer dan PTT juga dinilai perlu dilakukan pengkajian terlebih dahulu.

Salah satunya adalah menyesuaikan data penerima BSM dari seluruh jenjang pendidikan kabupaten/kota se-Riau.  Sebab, memang BSM yang selama ini disalurkan berasal dari pos anggaran APBN dan Disdik Provinsi hanya bertugas sebagai instansi yang melakukan verifikasi data saja.

“Kami pelajari dulu, karena dalam penyaluran BSM ini semuanya urusan pusat langsung ke siswa. Kami berperan mengumpulkan berdasarkan data Lembar Informasi Data Individual (LIDI) siswa yang kami himpun dari kabupaten/kota dan dikirimkan ke pusat,” kata Kepala Disdik Provinsi Riau HM Wardan, Jumat (17/5).

Sehingga, lanjut Wardan jika memang akan ada kenaikan maka semuanya diserahkan kepada pusat. Sebab juga berpengaruh dengan rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang merupakan kebijaka pemerintah. Karena dana langsung dari APBN maka Provinsi dalam hal ini menerima selama kuota penerima tidak berkurang.

Memang, setiap tahunnya, pelajar SD, SMP dan SMA yang menerima BSM di Riau mencapai total puluhan ribu. Dengan tempo penerimaan setiap tahun di mana rencana kenaikan Kemendikbud dari Rp350 ribu ke Rp450 ribu pada tingkat SD setiap tahun.

Sementara tingkat SMP naik Rp190 ribu dari sebelumnya Rp560 ribu menjadi Rp750 ribu. dan untuk tingkat SMA tetap menerima Rp1 juta setiap tahun.

“Kalau memang akan ada kenaikan, tentu itu akan sangat membantu para siswa kurang mampu untuk mengenyam pendidikan lebih baik di setiap tingkatan,” singkatnya menambahkan.

Berdasarkan data sementara untuk tingkat SMA, Pekanbaru terdapat sebanyak 1.052 penerima BSM. Dumai 413 siswa, Bengkalis 1.482, Kampar 1.331, Siak 746, Pelalawan 646, Kuansing 1.042, Rohul 1.373, Rohil 692, Inhil 1.411, Inhu 854, dan Meranti 1.650. (Riau Pos)

About Admin