Batik Bono dari Pelalawan untuk Dunia - InfoPKU
Home » Bisnis » UKM » Batik Bono dari Pelalawan untuk Dunia

Batik Bono dari Pelalawan untuk Dunia


Rumah Batik Andalan ialah Mitra Bina PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang menjadi produsen “Batik Bono” Riau. Batik Bono ini merupakan Batik Khas Melayu yang diproduksi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

RAPP sendiri memiliki berbagai program pemberdayaan masyarakat di Pangkalan Kerinci, salah satunya ialah melatih ibu rumah tangga dan remaja-remaja putri membatik unutk penghasilan tambahan. Hebatnya lagi, mereka bahkan sampai berkunjung langsung ke sentra abtik di Yogjakarta. Sehingga ibu-ibu dan remaja putri sangat semangat sekali belajar membatik “Batik Bono” Riau. Adapun batik yang mereka hasilkan kini sudah go public dan diminati banyak orang.

Untuk Encik dan Puan ketahui bahwa “Batik Bono” sendiri telah dikenal hingga ke luar negeri karena keunikannya yang diambil dari flora dan fauna serta dikombinasikan dengan warna yang cerah. Para pembatik binaan RAPP ini mengelola “Rumah Batik Andalan”, mereka memproduksi bermacam-macam produk seperti kemeja, dompet, sarung bantal, sarung tisu dan tas. Adapun beberapa Motif Batik Bono ialah Motif Timun Suri, Motif Daun Akasia, Motif Daun Eukaliptus, dan Motif Gelombang Bono.

Para pembatik di “Rumah Batik Andalan” tentunya mendapatkan penghasilan dari berbagai motif batik yang mereka kerjakan. Dahulu mereka hanya ibu rumah tangga yang penghasilannya bergantung kepada penghasilan suami, kini mereka bisa membantu perekonomian keluarga membaik dan mampu menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

Mengapa harus memakai nama “Batik Bono”?

Terinspirasi dari fenomena alam ombak “Bono’ yang terjadi di sungai Kampar–Riau, para pegiat batik di RBA menggambar motif ombak Bono dalam design batiknya sehingga menjadi ciri khas tersendiri. RBA bisa memproduksi 200 lembar/bulan. Tidak hanya pesat di Riau, “Batik Bono” sudah terkenal juga di luar Sumatera, bahkan sampai ke luar negeri. Untuk harga “Batik Bono” dijual sesuai varian motif, yang berkisaran dengan harga 300 ribu sampai dengan 700 ribu. Nak mencari batik? Jom main ke Rumah Batik Andalan di Pangkalan Kerinci.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila