Anak Putus Sekolah Didata Disdikbud Riau
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Anak Putus Sekolah Didata Disdikbud Riau
ilustrasi

Anak Putus Sekolah Didata Disdikbud Riau


ilustrasi
ilustrasi

Sebanyak 61 anak putus sekolah di Kecamatan Rumbai dan 70 anak putus sekolah di Kecamatan Tampan telah dikumpulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

Adapun tujuan dikumpulkannya anak putus sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA di SMA Olahraga Rumbai ini antara lain adalah untuk mendata serta mendengarkan langsung keluhan mereka.

Keluhan yang disampaikan mereka sendiri cukup beragam, mulai dari ketiadaan biaya, serta banyak faktor lainnya yang menyebabkan mereka akhirnya terpaksa meninggalkan bangku sekolah.

Namun ada juga diantaranya yang mengaku malas sekolah karena dipengaruhi faktor lingkungan. Dengan adanya keterangan ini, Disdikbud Riau diharapkan agar tak salah langkah nantinya.

Program bantuan yang ditawarkan Disdikbud Riau dalam membantu anak putus sekolah tersebut adalah dengan melanjutkan pendidikan paket A, B dan C.

Karena diantara mereka tentu tidak semua bersedia melanjutkan pendidikan paket yang ditawarkan, Kadisdikbud Provinsi Riau,  Kamsol, memberikan solusi berupa keterampilan sesuai dengan hobi dan bakat mereka.

Mengenai pendanaannya sendiri, selain akan dialokasikan dalam APBD, paket pendidikan dan keterampilan tersebut juga dalam bentuk program orang tua asuh yang bersumber dari pihak swasta.

Kamsol sendiri mengatakan bahwa gerakan orang tua asuh ini dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap masyarakat yang kurang mampu terhadap sesamanya.

Untuk diketahui bahwa angka anak putus sekolah di Riau cukup besar, tingkat SMA/SMK mencapai 153 ribu, tingkat SMP 80 ribu, sedangkan SD 50 ribu.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila