Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak

0

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pekanbaru yang ke-235, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengadakan acara Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6).

Aksi gotong royong membersihkan Sungai Siak ini dipusatkan di Mesjid Nurul Iman, Jalan Meranti, hingga ke Kawasan Rumah Singgah Tuan kadi di Jalan Perdagangan, Senapelan.

Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak ini dihadiri oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus beserta jajarannya, dan dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi.

Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak ini sebagai upaya dalam mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai kota yang aman, nyaman, damai, bersih, sehat dan asri dengan menjaga lingkungan di sekitar kita.

Terkait Kota Pekanbaru beberapa tahun terakhir ini tidak lagi mendapat penghargaan adipura, ia mengatakan bahwa hal ini disebabkan bukan hanya masalah kebersihan lingkungan dan kebijakan pemerintah daerah saja tapi bagaimana peran serta masyarakat dalam mengurangin ini.

“Saya minta kepada semua pihak, baik jajaran Pemko Pekanbaru, maupun masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam mewujudkan Kota Pekanbaru yang aman, nyaman, damai, bersih, sehat dan asri,” tutupnya.

Di lain pihak Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan di Kota Pekanbaru. Ia mengatakan ada tiga hal yang harus dilakukan, Pertama mari kita bersihkan kalbu terus hati kita, dan ke 2 mari kita bersihkan pikiran kita, dan ke 3 mari kita bersihkan pendengaran kita respon terhadap yang menjadi persolan dan keluhan, yang ke 4 mari kita bersihkan mata kita, dan Ke 5 mari kita bersihkan lingkungan yang ada disekitar kita.

“Kepedulian masyarakat terhadap Sungai Siak dan menjadi stimulan bagi masyarakat untuk menimbulkan budaya bersih lingkungan, khususnya lingkungan Sungai Siak,” pungkasnya.