Tradisi Petang Belimau Pekanbaru Kembali Digelar Jelang Ramadhan

0
379
Tradisi Petang Belimau Pekanbaru

Akhirnya tradisi Petang Belimau kembali digelar jelang Ramadhan 1444 H di Kota Pekanbaru setelah tiga tahun tidak digelar akibat Corona.

Tradisi Petang Balimau

Tradisi Petang Belimau di Pekanbaru ini akan diadakan Rabu (22/3/2023) sore hari. Rangkaian tradisi untuk menyambut bulan Ramadhan ini akan dilaksanakan di Rumah Singgah Tuan Kadi, Kota Pekanbaru.

Perdana Diadakan Kembali Setelah 3 Tahun Vakum

Tradisi yang biasanya berlangsung di tapi Sungai Siak ini sudah lama tidak digelar. Yakni dari tahun 2019, dan akan dilaksanakan kembali tahun ini.

Hal ini dikarenakan pada saat itu  terjadi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di Riau bahkan di dunia, sehingga tradisi tersebut tidak dapat digelar. Masyarakat pun menyambut baik tradisi ini kembali digelar sebelum  memasuki bulan suci Ramadhan.

Menyirami Beberapa Anak Yatim

Tradisi ini diprediksi akan dipadati ribuan orang. Diketahui salah satu rangkaian kegiatan pada tradisi ini ialah menyirami beberapa anak yatim sebagai simbol dari balimau jelang bulan Ramadhan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra mengatakan bahwa nanti akan ada beberapa anak yang akan ikut balimau secara simbolis bersama Pj Wali Kota Pekanbaru.

Ia juga mengatakan, bahwa selama dilakukannya prose balimau akan dihadirkan aneka permainan tradisional, seperti gasing, tali dan beberapa permainan tradisional lainnya.

Persiapan Sudah Dilakukan 

Ardiansyah menyebut bahwa persiapan sudah dilakukan oleh Distributor Kota Pekanbaru bersama dengan instansi terkait lainnya. mereka juga melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat untuk mempersiapkan tradisi ini.

Panitia memastikan bahwa rangkaian kesiapan lokasi satu hari sebelum dilaksanakannya tradisi Petang Belimau ini.

Rangkaian Kegiatan

Ia juga menjelaskan rangkaian kegiatan yang diawali dengan ziarah ke Makam Marhum Pekan, Makam Sultan Muhammad Ali Abduljalil Muazzamsyah yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru berada di komplek pemakaman tersebut.

Kemudian, rombongan akan berarak menuju Rumah Singgah Tuan Kadi yang merupakan lokasi dimana dilakukannya tradisi Petang Belimau ini. Pada tradisi ini akan ada beberapa kegiatan yang digelar di lokasi tersebut jelang memasuki waktu Magrib Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.