Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan Dibangun, Ini Tujuannya

0
735
Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan

Pembangunan Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan dan Pekanbaru-Rengat akan didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau guna mempercepat pertumbuhan barang dan jasa.

Tujuan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan Dibangun

Keberadaan JTTS ini sendiri diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, sehingga daya saing di Provinsi Riau akan semakin meningkat. Pemprov Riau sendiri siap mendukung segala sesuatu kebutuhan untuk pembangunan proyek nasional itu.

Demikian yang diungkapkan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau M Job Kurniawan. Dikatakannya, tak hanya mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, keberadaan JTTS ini juga dapat mempengaruhi terhadap penyerapan tenaga kerja.

“Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau,” ujar M Job Kurniawan.

Surat Keputusan Penlok Masih Dalam Proses

Kemudian terkait penerbitan surat keputusan penetapan lokasi (penlok) tambahan ruas Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Pangkalan tahap I. Serta ruas Tol Pekanbaru-Rengat penlok tahap II masih dalam proses administrasi.

Adapun penlok tersebut baru diajukan pada minggu lalu dan ditargetkan minggu depan akan selesai. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi Riau Arief Setiawan.

Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Tinggal 6 km Lagi

Diketahui dari data Dinas PUPR Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan pada 4 Januari 2023 lalu, tol ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan didampingi oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Project Director PT Hutama Karya ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko juga menyatakan, bahwa hingga saat ini pembagunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang telah terselesaikan sepajang 40 kilometer (km)

“Tinggal menyisakan pengerjaan sepanjang 6 km lagi,” ujarnya.

Kemudian, di sisi lain saat ini sepanjang 24,7 km ruas Tol Bangkinang-Pangkalan tahap I dari SS Bangkinang-Tanjung Alai sedang dalam proses pengerjaan yang ditargetkan akan selesai pada Desember 2023 nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.