Tips Menata Ruang Kerja Minimalis di Rumah

106
Tips Menata Ruang Kerja

Ncik dan Puan sedang merencanakan pembuatan ruang kerja di rumah? Berikut ini Tips Menata Ruang Kerja Minimalis di Rumah.

Atau ingin mengubah suasana baru di ruang kerja? Nah, untuk Ncik dan Puan yang akan menggunakan ruang kerja di rumah selama seharian atau hanya beberapa jam dalam sehari, desain ruang kerja perlu diperhatikan agar nyaman dan dapat memotivasi untuk semakin produktif.

Ruang kerja masa kini tidak lagi harus identik dengan kantor. Sekarang, keberadaan ruang kerja di rumah juga bisa dibuat senyaman mungkin dan sesuai dengan keinginan kamu. Untuk mewujudkan itu semua sebenarnya tidak butuh teknik interior yang ribet dan biaya besar. Yuk, simak 6 tips menata ruang kerja minimalis idaman Ncik dan Puan di rumah.

Menentukan Letak Ruang Kerja dengan Tepat

Pemilihan letak ruang kerja harus disesuaikan dengan aktivitas kita di rumah. Misalnya, kamu yang sering menerima tamu sebaiknya memiliki ruang kerja yang tidak terlalu jauh dari ruang tamu. Sedangkan kamu yang lebih suka menghabiskan waktu di kamar tidur dapat menyiapkan ruang kerja di dalam kamar tidur. Cara sederhana ini akan mendukung produktivitas kamu karena aktivitas kerja tidak akan terganggu selama kamu berada di rumah.

Ruang Kerja
ruangkerja
Menempati Ruang dengan Pencahayaan Alami

Usahakan untuk memilih ruang kerja di rumah dengan pencahayaan natural demi produktivitas tertinggi. Meja kerja yang sekaligus meja komputer bisa ditempatkan berhadapan dengan jendela atau pada lokasi dimana layar komputer terasa pas tanpa pantulan sinar. Gunakan juga tirai atau blind untuk mengurangi sinar yang terlalu terang supaya suasana ruang kerja di rumah semakin nyaman. Penempatan cermin dan pemilihan warna cat pada  ruang kerja juga akan berpengaruh banyak pada kenyamanan ruangan.

Pencahayaan
pencahayaan
Memilih Furniture Ruang Kerja yang Tepat

Tidak semua furniture kator pasti cocok ditempatkan di rumah. Oleh sebab itu, kamu harus lebih cermat memilih furniture untuk ruang kerja. Idealnya, furniture untuk ruang kerja kamu harus berukuran mungil dan desainnya tidak berlebihan. Sehingga penempatan furniture tersebut tidak membuat interior rumah terkesan semakin sempit. Pastikan bahwa ruang gerak kamu dan anggota keluarga lainnya tetap leluasa tanpa terganggu oleh ruang kerja kamu.

Furniture
furniture
Menyiapkan Lemari Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

Jangan lupa kalau ruang kerja kamu juga harus memiliki lemari penyimpanan agar kamu bisa menata dokumen dan barang-barang lainnya secara praktis. Penggunaan lemari penyimpanan juga akan mengamankan dokumen berharga kamu supaya tidak mudah tercecer. Siapkanlah satu lemari penyimpanan yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhaan, lalu tempatkan lemari tersebut pada posisi yang tepat agar mudah dijangkau saat bekerja.

Lemari Penyimpanan
lemaripenyimpanan
Menyimpan Semua Peralatan Kerja dengan Rapi

Peralatan kerja , dokumen, dan benda-benda penting lainnya harus disimpan dengan rapi di ruang kerja. Oleh sebab itu, kamu juga harus menyiapkan storage box atau wadah lainnya untuk menyimpan barang-barang tersebut. Sehingga barang-barang penting kamu tidak mudah kotor atau hilang karena diletakkan secara sembarangan. Usahakan agar ruang kerja kamu selalu rapi dan mendukung kenyamanan kerja kamu.

Merapikan
merapikan
Memberikan Sentuhan Dekorasi

Ruang kerja di rumah juga harus dilengkapi dengan sentuhan dekorasi yang kamu sukai. Sentuhan dekorasi tersebut akan meningkatkan semangat kerja kamu. Jangan ragu menambahkan bingkai foto, tanaman indoor berukuran mini, pajangan action figure, atau benda-benda favorit lainnya. Dengan demikian, suasana ruang kerja kamu tidak akan terkesan monoton.

Dekorasi
dekorasi