Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Masa Pandemi Covid19

88
Tips Aman Bersepeda

Tips aman bersepeda di jalan raya menjadi hal yang sangat penting diketahui oleh Encik dan Puan yang hobi olahraga bersepeda. Hal ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi ketika bersepeda.

Tidak dapat dipungkiri, semenjak pandemi Covid-19, saat ini banyak sekali muncul orang-orang yang hobi bersepeda untuk meningkatkan imun tubuh mencegah penularan Covid-19.

Maraknya para pesepeda di jalan raya ditambah jalur sepeda yang belum memadai di Kota Pekanbaru, menjadikan hobi bersepeda kurang aman dan sedikit membahayakan.

Apalagi ditambah dengan banyaknya para pesepeda yang tidak mengetahui aturan bersepeda di jalan raya.

Untuk itu, kita perlu mengetahui tips aman bersepeda di jalan raya di tengah pandemi Covid-19 di samping harus fokus dan konsentrasi saat mengendarai sepeda.

Berikut ini tips aman bersepeda di jalan raya di tengah pandemi Covid-19 untuk Encik dan Puan yang hobi bersepeda:

Patuhi protokol kesehatan

Di tengah pandemi Covid19 saat ini, hal yang utama adalah mematuhi protokol. Karena walau bagaimanapun, kesehatan menjadi poin utama saat ini.

Untuk itu, bagi Encik dan Puan jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta sering mencuci tangan.

Meskipun sering gowes bersama teman-teman, Encik dan Puan harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Karena kita tidak tahu apakah orang-orang yang kita temui aman dari Covid19.

Pastikan sepeda Encik dan Puan aman

Mengecek kondisi sepeda sebelum bersepeda sangat dianjurkan, mulai dari melihat kondisi remnya, rantai dan bagian lainnya dari sepeda.

Disamping untuk menyehatkan badan, penting pula melihat apakah sepeda aman atau tidak untuk dikendarai.

Jangan sampai ketika Encik dan Puan tengah asyik bersepeda di sepanjang jalan, tiba-tiba rantai putus atau bisa jadi rem tidak cakram sehingga membahayakan kondisi Encik dan Puan.

Bila perlu servis sepeda Encik dan Puan di bengkel sepeda atau di tempat orang-orang yang biasa merawat sepeda, demi keselamatan Encik dan Puan serta pengguna jalan lainnya.

Gunakan perlengkapan bersepeda yang aman dan lengkap

Gunakanlah helm saat bersepeda, pakaian olahraga, memakai sepatu, sarung tangan dan pelindung tubuh lainnya.

Memakai perlengkapan bersepeda ini tentunya untuk menjaga Encik dan Puan dari bahaya ketika mengendarai sepeda.

Untuk pakaian saat bersepeda, usahakan menggunakan pakaian yang mudah terlihat berupa warna yang cerah agar Encik dan Puan terlihat oleh pengguna jalan yang lain.

Patuhi peraturan lalu lintas

Bersepeda bukan berarti mengabaikan peraturan lalu lintas. Walaupun bersepeda, Encik dan Puan harus tetap mematuhi rambu lalu lintas.

Jangan pikir dengan bersepeda Encik dan Puan merasa bisa seenaknya memakai trotoar atau menyalip kendaraan lainnya sembarangan, karena tentu saja membahayakan keselamatan Encik dan Puan ketika bersepeda.

Gunakan isyarat tangan

Jika Encik dan Puan ingin berbelok ke kiri, ke kanan atau berpindah jalur, gunakan lah isyarat tangan untuk memberikan aba-aba kepada pengendara lainnya.

Karena sepeda tidak memiliki lampu, maka isyarat ini menjadi penting Encik dan Puan lakukan ketika bersepeda di jalan raya.

Hargai pengguna jalan lainnya

Sering kali kita melihat banyak para goweser yang tidak memperhatikan pengguna jalan lainnya.

Mulai dari berderet dua, tiga bahkan lebih ketika sama-sama bersepeda membuat pengguna jalan lainnya merasa risih dan tidak nyaman.

Bahkan ada yang merasa tidak enak ketika menegur, padahal jelas-jelas telah menyalahi aturan berlalu lintas.

Untuk itu, supaya saling menghargai maka harus memperhatikan kondisi jalan supaya tidak merasa ada yang dirugikan saat berkendara di jalan raya.

Itulah beberapa tips aman bersepeda di jalan raya saat pandemi Covid-19 yang bisa Encik dan Puan jadikan acuan. Semoga bermanfaat dan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan ketika bersepeda di jalan raya.