Tilang Elektronik Tol Riau, Yuk Patuhi Rambu Lalu Lintas

41
Tilang Elektronik Tol Riau

Tilang elektronik di dua tol Riau telah diterapkan dengan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Adapun tilang elektronik tersebut diterapkan di ruas Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Pengendara yang akan melintasi Jalan Tol di Riau untuk dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Selain itu penting untuk memperhatikan kecepatan saat berkendara.

Jalur tol ini juga diperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Terdapat Kamera ETLE mobile 

Untuk diketahui, tilang elektronik di dua tol Riau sudah menggunakan kamera ETLE mobile yang dioperasikan petugas Polisi lalu lintas (Polantas).

Kasat PJR Ditlantas Polda Riau Kompol Budi Setiawan mengatakan, teknis ETLE mobile sama saja seperti yang ETLE statis.

“Yakni masuk ke back office di (bagian) Gakkum,” terangnya.

Budi mengharapkan pengendara untuk mematuhi rambu-rambu lintas yang ada di jalur tol seperti batas kecepatan, larangan melintas bagi truk ODOL, dan lain-lain. Serta jika mengantuk diharapkan untuk beristirahat terlebih dahulu di rest area.

Adanya Operasi Lilin Lancang Kuning

Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Riau sedang melakukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2022. Selama operasi ini dilaksanakan, kepolisian menyediakan pos pelayanan di jalur tol tersebut.

Budi menyampaikan bahwa untuk Tol Pekanbaru-Dumai terdapat pos pelayanan berada di KM 45 (arah Pekanbaru-Dumai), kemudian di gate Dumai, dan di Km 82 (arah Dumai – Pekanbaru). Sementara untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang, pihaknya nanti akan meng-update posisinya.

Ia juga mengatakan, personel untuk melakukan pengamanan dan patroli sudah disiapkan di jalur tol.

“Anggota sudah ready sejak sebelum ada pemberlakuan tarif, karena itu (pemberlakukan tarif, red) kebijakan pihak tol. Kita di pengamanannya,” ujar Budi.

Teknologi Weight in Motion (WIM)

Kedua tol di Riau ini juga dilengkapi dengan teknologi Weight in Motion (WIM). WIM merupakan  teknologi yang mampu mendeteksi kendaraan yang tergolong truk Over Dimension Over Loading (ODOL).

“Yang masuk (terdeteksi, red) WIM, jika ODOL kami arahkan putar balik tidak boleh masuk tol,” pungkasnya.