Tarif Tirta Siak Disesuaikan, Tingkatkan Pelayanan

0
138
Tarif Tirta Siak

Tarif Tirta Siak kini disesuaikan setelah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Wali Kota Pekanbaru Nomor 395 Tahun 2022.

Setelah Lima Tahun

Adapun Perumdam Tirta Siak, selaku BUMD Kota Pekanbaru yang mengelola penyediaan air bersih di Kota Pekanbaru melakukan penyesuaian tarif air setelah lima tahun sejak 2018.

Disampaikan oleh Direktur Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah, tarif air Perumdam Tirta Siak sudah lima tahun tidak ada kenaikan. Dimana terakhir kenaikan tarif pada 2 Januari 2018 lalu.

“Tarif yang kita berlakukan saat ini adalah tarif yang bisa dibilang dijual di bawah biaya produksi,” ungkapnya, Selasa (30/8/2022).

Pelayanan Juga Ditingkatkan

Lebih lanjut Agung mengungkapkan bahwa penyesuaian tarif baru ini juga akan diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan Tirta Siak. Yang mana upaya saat ini adalah dengan Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pekanbaru.

“Untuk kerja sama tersebut, akan segera berlaku sejak Comercial Operation Date (COD) tahap satu. Yang rencananya akan dilakukan pada 30 September 2022 mendatang,” jelas Agung.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Pekanbaru El Syabrina yang juga merupakan Dewan Pengawas Perumdam Tirta Siak menjelaskan bahwa setelah mulai dibangun pada 2020 lalu, proyek tersebut akan mulai beroperasi secara komersial pada tahap pertama dari total enam tahap pembangunan.

Dikatakannya bahwa jika jaringan perpipaan milik Perumdam Tirta Siak sudah bagus, maka tekanan air yang disalurkan melalui pipa-pipa baru akan bisa lebih dimaksimalkan.

“Dengan demikian, tidak ada lagi keluhan pelanggan bahwa air yang mengalir ke keran kecil,” ujar El Syabrina.

El Syabrina juga menjelaskan, dibutuhkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun untuk melakukan investasi di SPAM. Sementara itu ia mengakui bahwa kemampuan Pemerintah Kota (Pemko Pekanbaru tidak mencukupi. Oleh karenanya, dengan adanya KPBU SPAM Pekanbaru ini diharapkan dapat membantu Pemko Pekanbaru dalam menanggulangi permasalah air bersih di Kota Pekanbaru.

Dengan adanya penyesuaian tarf ini, maka Perumdam Tirta Siak diharapkan akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Pekanbaru secara maksimal. Sebagai informasi, tarif baru ini akan diterbitkan pada tagihan pelanggan Tirta Siak pada 1 Oktober 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.