Smart Tourism, Persembahan Grab Untuk Pariwisata di Riau

13

Dalam rangka mendukung pariwisata di Riau, Grab meluncurkan program “Smart Tourism” yang merupakan bentuk kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Adapun kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama untuk mendukung Program Pariwisata “Riau, The Homeland of Melayu”, di Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Senin (17/6).

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal dengan Region Head of Sumatera Grab Indonesia, Anindita P. Rangkuti, yang turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Region Head of Sumatera Grab Indonesia, Anindita P. Rangkuti mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari dukungan Grab terhadap program pariwisata pemerintah Indonesia, Wonderful Indonesia.

Grab, ungkap Anindita, menjadi mitra resmi Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia kepada 125 juta pengguna Grab yang berasal dari 8 negara.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari Pemprov Riau untuk turut serta mempromosikan pariwisata yang ada di Riau kepada para turis, serta menawarkan pengalaman wisata yang aman dan nyaman.

“Kerja sama strategis ini sejalan dengan komitmen Grab yakni perwujudan dari master plan 2020 ‘Grab 4 Indonesia’,” ungkap Anindita.

Untuk di Provinsi Riau sendiri “Smart Tourism” merupakan bentuk dukungan Grab dalam memudahkan transportasi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Riau.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Encik dan Puan dapatkan dari program “Smart Tourism“:

  1. Wisatawan dapat memesan layanan GrabCar secara legal di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.
  2. Layanan baru GrabCar dapat dinikmati wisatawan yang ingin menyewa mobil selama beberapa jam (termasuk bensin dan supir) ke berbagai objek wisata dan agenda wisata Internasional yang ada di Riau.
  3. Fitur GrabChat untuk membantu mengurangi kendala berbahasa antara pengguna dan mitra pengemudi. GrabChat sendiri memiliki fitur penerjemah pesan ke berbagai bahasa yang digunakan di kawasan Asia Tenggara.

Selain dari 3 manfaat tersebut, Grab dan Dispar Provinsi Riau juga menerbitkan peta wisata yang telah didistribusikan ke sembilan hotel di Pekanbaru, sebagai referensi berbagai destinasi wisata di Riau.

Untuk mendukung program ini, mitra pengemudi sewa GrabCar juga akan diberi pelatihan tentang cara menjadi pemandu wisata. Hal ini dimaksudkan agar wisatawan dapat merasakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman, sambil belajar tentang budaya dan kearifan lokal.

Para wisatawan juga akan menemukan rekomendasi restoran dan mencicipi aneka kuliner lokal khas dengan layanan GrabFood.

Wisatawan juga akan menemukan ulasan dan informasi mengenai atraksi wisata dan budaya di Indonesia melalui feed berita harian yang tersedia pada aplikasi Grab.