SKB Pekanbaru Terbaik Nasional

0
374

Kota Pekanbaru kembali berprestasi, kali ini Kota Pekanbaru meraih penghargaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Terbaik Nasional 2015.

SKB yang berada dalam naungan langsung Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru berhasil menyingkirkan 545 SKB lainnya di seluruh Indonesia.

Penghargaan ini sendiri diberikan langsung oleh Mendiknas, Anis Baswedan, Sabtu (24/10), lalu di Kerawang, Jawa Barat, pada acara “Hari Aksara Internasional 2015”.

Atas prestasi tersebut, SKB Kota Pekanbaru berhak mendapatkan sertifikat, tropi serta hadiah pembinaan prestasi sebesar Rp 20 juta.

Sanggar Kegiatan Belajar merupakan satuan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal.

Sebagai bagian dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan yang berada di wilayah Kota maupun di wilayah Kabupaten, Sanggar Kegiatan Belajar memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Membangkitkan dan menumbuhkan kemauan belajar masyarakat dalam rangka terciptanya masyarakat gemar belajar
  2. Pembuatan percontohan berbagai program pendidikan nonformal dan informal
  3. Pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan nonformal dan informal
  4. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi pelaksana pendidikan nonformal dan informal
  5. Penyediaan sarana dan fasilitas belajar
  6. Pengintegrasian dan pensinkronisasian kegiatan sektoral dalam bidang pendidikan nonformal dan informal.

Saat ini SKB Kota Pekanbaru sedang melatih keterampilan terhadap 300 anak putus sekolah, serta 100 orang penghuni lapas. Kabar baiknya, semua pelatihan yang diberikan tidak dipungut biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.