Sering Merasa Insecure? Ini Cara Mengatasinya

129
Sering Merasa Insecure
Insecure

Ncik dan Puan sering merasa insecure ketika melakukan suatu hal? Atau sering merasakan gelisah bahkan takut akan diri sendiri?

Menurut sebagian orang, sering merasa insecure merupakan hal yang normal. Namun jika kondisi ini dibiarkan berlama-lama maka bisa menghambat potensi diri.

Pengertian Insecure

Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri.

Rasa insecure bisa membuat seseorang tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Hal ini juga dapat menghambar aktivitas sehari-hari.

Jika Ncik dan Puan memiliki rasa insecure yang berlebihan, yuk, terapkan cara berikut agar terhindar dari dampak buruk akibat kebiasaan ini:

Belajar mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri setulus hati dapat membebaskan kita dari beban sosial. Dengan mencintai diri sendiri, kita dapat belajar untuk memahami diri sendiri dan terus bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki.

Mencintai diri sendiri disini bukan dalam artian mengembangkan kepribadian narsistik yang menyimpang. Mencintai diri sendiri apa adanya berarti kita dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati. Namun di sisi lain juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri sendiri tanpa ditutupi.

Sering Merasa Insecure
selflove
Berhenti menyalahkan diri sendiri

Melawan pikiran negatif memang tidak mudah. Namun, jika tidak dipaksakan, kita akan terus dihantui rasa cemas, bahkan sampai menyalahkan diri sendiri.

Ingatlah bahwa kita bukan satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan. Semua orang pasti pernah berbuat salah.

Jika masih sering berpikir seperti, “Aku selalu membuat kekecauan di mana pun,” ubah pikiran tersebut menjadi lebih realistis seperti, “Terkadang aku membuat kesalahan, tetapi aku selalu belajar dari kesalahan itu.”

Berhenti Menyalahkan Diri
berhentimenyalahkandiri
Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukan cara yang tepat untuk mengoreksi diri. Justru hal ini akan membuat kita menjadi rendah diri dan insecure.

Apalagi ditengah maraknya penggunaan media sosial seperti saat ini, kita bisa melihat banyak sekali hal yang terjadi pada hidup orang lain.

Maka dari itu, biasakan untuk selalu bersyukur dengan segala yang kamu miliki agar perilaku dan pikiranmu menjadi lebih positif. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

membandingi diri
janganmembandingidiri
Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri yang baik dan sehat adalah mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang menyayangi kita.

Berkumpul dengan orang-orang yang positif, bekarakter penyanyang dan penuh cinta, bisa menjadi sebuah keuntungan sendiri buat kita.

Diri kita akan terbawa suasana dan kebiasaan yang positif terhadap dari orang-orang disekeliling kita. Hal ini bisa membuat diri kita jadi lebih baik.

Lingkungan Positif
lingkunganpositif
Lakukan hal yang membuatmu bahagia

Cobalah untuk lebih fokus pada hal-hal yang dapat membuatmu bahagia dan melupakan insecure. Kita bisa memanjakan diri dengan perawatan spa, masker wajah, dan menghirup aroma terapi.

Jangan lupa selalu menjaga kesehatan kesehatan tubuh dengan berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Kedua cara ini juga dapat memperbaiki mood dan tentunya membuat kondisi fisik serta penampilan lebih baik sehingga kita lebih percaya diri.

lakukan yang kamu senangi
lakukanyangkamusenangi

Meski tergolong normal, perasaan insecure tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja ya, hal ini karena rasa insecure bisa berdampak buruk bagi kehidupan sosial serta kesehatan mentalmu.

Jadi, ayo belajar mencintai diri sendiri.