Sensus Penduduk Online, Tidak Harus Sehari Selesai

63
Sensus Penduduk Online

Badan Pusat Statistik (BPS) sudah resmi membuka terkait dengan sensus penduduk online (SPO) 2020.

Senin (17/2/2020) BPS Riau bersama dengan Gubernur Riau Syamsuar dan seluruh jajaran sudah melakukan pencanangan untuk bersama mengisi data sensus penduduk online melalui situ resmi sensus.bps.go.id.

Namun, hal yang menarik adalah pengisian SPO 2020 tidak hanya bisa dilakukan dalam sehari.

“Pengisian data pada SPO tersebut, tidak harus diselesaikan dalam satu hari. Bisa dilanjutkan keeseokan harinya. Yang penting kelengkapan data,” ungkap Ahmad Azhari selaku Kepala Bidang Statistik dan Sosial BPS Riau.

Masyarakat yang belakangan salah persepsi terkait dengan pengisian data online yang harus diselesaikan dalam waktu satu hari, diberikan informasi bahwa pengisian data bisa dilanjutkan keesokan harinya.

SPO 2020 sendiri akan berakhir hingga 31 Maret 2020. Masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi serta kesibukan diluar rumah, diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh BPS ini.

Meski baru pertama kali dilakukan di Indonesia, BPS Riau meletakkan target yang optimis di angka 30% terhadap kesadaran masyarakat untuk mencatatkan dirinya dan keluarganya.

Dengan harapan, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sensus penduduk semakin meningkat. Selain itu dengan adanya sensus online ini maka tidak menyulitkan dan tidak memakan waktu.

Sekadar informasi tambahan bagi Encik dan Puan, berikut ini cara melakukan sensus penduduk 2020 secara online yakni:

  1. Buka aplikasi browser internet pada perangkat telepon genggam, tablet, laptop atau komputer
  2. Klik laman resmi sensus.bps.go.id lalu login
  3. Isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap
  4. Unduh bukti telah berpartisipasi pada SPO pada tampilan lama terakhir
  5. Selesai

Untuk panduannya sendiri cukup mudah kan, Encik dan Puan? Semoga nantinya tidak ada kendala dan sensus ini berjalan dengan baik.