Riau Job Fair 2023 Digelar, Ini Informasinya

0
551
Riau Job Fair 2023

Encik dan Puan yang sedang mencari lowongan pekerjaan, ada kabar baik nih. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Riau Job Fair 2023 yang berlangsung selama tiga hari.

Lowongan Untuk 2.000 Orang

Riau Job Fair ini digelar sejak tanggal 23-25 Agustus 2023 di Prime Park Hotel Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman. Diketahui ada 70 perusahaan ternama di Provinsi Riau yang ikut dalam job fair ini, dimana lowongan kerja yang dibuka adalah untuk 2.000 orang.

Adapun perusahaan yang ikut dalam job fair ini berasal dari berbagai bidang. Mulai dari bidang perkebunan, industri, kesehatan, perbankan, Hutan Tanaman Industri (HTI), jasa, hingga sektor-sektor lainnya.

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau Imron Rosyadi, Selasa (21/8/2023).

Untuk Kurangi Angka Pengangguran

Dengan terselenggaranya event job fair ini, pihaknya optimis mempu mengurangi angka pengangguran di Provinsi Riau. Karena menurut Imron, hal ini merupakan upaya Pemprov Riau dalam menjembatani para pencari kerja dengan perusahaan yang menyiapkan lowongan kerja.

Launching Aplikasi PIKIR

Pada Riau Job Fair ini, rencananya Disnakertrans Provinsi Riau juga akan me-launching aplikasi Pusat Informasi Ketenagakerjaan Industri Riau (PIKIR). Sistem informasi tersebut diperuntukkan sebagai layanan bagi pencari kerja secara online.

Dengan hadirnya aplikasi PIKIR ini maka lowongan kerja akan tersedia secara terpusat. Yang mana pihak perusahaan secara rutin akan memmasukkan lowongan kerja di sana.

“Dengan memiliki akun, para pencari kerja bisa mengakses berbagai informasi lowongan kerja yang ada di aplikasi tersebut,” pungkas Imron.

Tips Lamar Kerja

Untuk mengikuti Riau Job Fair ini, Encik dan Puan sebagai job seeker yuk simak beberapa tips melamar pekerjaan di job fair berikut ini:

  • Pelajari perusahaan yang ikut Riau Job Fair
  • Tentukan perusahaan yang diincar
  • Apply posisi sesuai dengan kualifikasi yang Encik dan Puan miliki
  • Siapkan berkas yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, ijazah yang dilegalisir, fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir, surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, serta Portofolio (tergantung posisi yang dilamar)
  • Berpakaian yang sopan dan rapi
  • Datang di awal waktu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.