Rambut Sering Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

195
Rambut Sering Rontok

Ncik dan Puan memiliki masalah dengan rambut sering rontok? Sudah tahu apa saja penyebab rambut rontok? Yuk pahami apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya!

Penyebab Rambut Sering Rontok

Ada beragam kondisi yang bisa menjadi penyebab rambut rontok, mulai dari kurang asupan gizi, perubahan hormon, efek samping obat, stres, faktor usia, termasuk kebiasaan buruk. Setiap kerontokan besar saat ini, adalah akibat dari apa yang terjadi tiga bulan lalu.

Berikut ini adalah penyebab rambut rontok dilansir dari Onlymyhealth:

  • Hormon

Saat remaja, alasan pertama yang bisa dikaitkan dengan kerontokan rambut adalah masalah hormon. Pada perempuan remaja, akan ada saat untuk mengembangkan ovarium polikistik. Hal ini akan menyebabkan rambut rontok. Sedangkan pada remaja laki-laki, penyebab kerontokan rambutnya bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon androgen pada tubuh.

  • Konsumsi Obat-obatan

Rambut rontok atau kebotakan juga bisa terjadi karena adanya reaksi dari obat-obatan yang dikonsumsi. Ini bisa terjadi karena ada obat yang membuat alergi atau ada zat yang malah merusak keratin rambut. Untuk mencegahnya, bisa konsultasikan efek samping obatnya ke dokter.

  • Terlalu Banyak Zat Kimia

Rambut memang sangat penting, apalagi bagi wanita. Untuk mendapatkan rambut yang bagus, pasti ada saja yang rutin mengunjungi salon untuk perawatan. Tapi, terlalu banyak bahan kimia bahkan panas akibat blow hair dryer dan catokan yang dilakukan secara rutin, bisa membuat rambut rentan patah. Apalagi jika ditambah gel rambut, semprotan, hingga pewarna rambut akan memperparah kerontokan rambut.

  • Perawatan Rambut yang Berlebihan

Rambut juga bisa rontok kalau terlalu kuat disisir, keramas terlalu sering, dan ditambah dengan kondisioner yang ekstra kuat. Bukan hanya halus, tapi rambut semakin lama akan rapuh dan akhirnya rontok.

  • Makanan

Mengkonsumsi junk food atau makanan instan. Terlalu banyak mengkonsumsinya bisa menyebabkan kerontokan. Untuk mengatasinya, tidak bisa dengan produk rambut yang kimia atau herbal. Tapi, bisa dikurangi bahkan menghilangkannya dengan melakukan diet yang seimbang dan sehat.

Cara Mengatasi Rambut Sering Rontok

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok, diantaranya:

  • Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut masing-masing orang. Jika rambut cenderung berminyak, Anda bisa melakukan perawatan minyak kelapa sehari atau beberapa jam sebelum keramas. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut Anda. Jika rambut Anda kering, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan tanpa bilas.

  • Oleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi rambut rontok karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi dan kalsium.

Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata Pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Oleskan Yogurt

Yogurt dapat membantu mengatasi rambut rontok karena mengandung kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang bisa memberi nutrisi dan menguatkan akar rambut.

Oleskan yogurt asli tanpa campuran gula atau rasa ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, lalu biarkan selama 5 menit. Kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

  • Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk merawat rambut rontok. Itu berguna untuk menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe, dan membuka folikel rambut yang tersumbat minyak berlebih. Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa beberapa partisipan yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. Maka dari itu, konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dianjurkan sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apakah kekurangan protein dan asam amino memang berhubungan dengan rambut rontok.