Makanan Penghilang Stress

0
909

Saat ini, stress merupakan hal yang lazim dialami oleh setiap orang. Berbagai macam hal dapat menjadi penyebabnya, seperti putus cinta, masalah finansial, saat-saat sebelum menghadapi ujian, maupun tuntutan pekerjaan.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghadapi stress. Umumnya orang-orang membutuhkan refreshing untuk membuat dirinya merasa lebih relaks seperti liburan ataupun sekedar bermeditasi.

Namun jika waktunya tidak memungkinkan, masih ada cara lain yang lebih menyenangkan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan penghilang stress, seperti cokelat, susu, teh hijau, es krim, kacang almond, gandum, dan lain-lain.

Namun dalam artikel kali ini hanya akan fokus membahas khasiat cokelat dan es krim sebagai penghilang stress karena tidak ada yang dapat menolak godaan kelezatannya.

  1. Cokelat

 coklat

Cokelat memang telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat menghilangkan stress. Hal ini disebabkan coklat akan meningkatkan level zat-zat neurotransmitter menuju ke otak yang kemudian memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamin.

Cokelat merupakan salah satu makanan yang mudah lumer pada suhu darah atau dibawah suhu tubuh (di bawah 33 derajat Celcius) sehingga dapat memberikan efek psikologis.

Jika anda memakan sepotong cokelat, maka lemak dari cokelat tersebut akan melumer di dalam mulut. Lumernya lemak kokoa sehingga menimbulkan rasa lembut yang khas di mulut.

Lelehnya cokelat di dalam mulut akan meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung, yang mana hal ini lebih kuat daripada aktivitas yang dihasilkan dari ciuman mulut ke mulut. Selain itu juga akan terasa empat kali lebih lama bahkan setelah aktivitas ini berhenti.

Suku Maya di Amerika mempercayai bahwa cokelat membawa pengaruh positif serta pengetahuan dan penilaian baik. Sementara itu penelitian ilmiah terakhir telah menunjukkan, dengan mengonsumsi cokelat membuat daya penglihatan mereka juga lebih baik.

Hal ini dikarenakan cokelat mengandung banyak vitamin (A1, B1, B2, C, D, dan E) dan beberapa mineral penting (kalsium, sodium, potassium, magnesium, zinc, zat besi, krom, tembaga dan fosfor).

Selain itu, kandungan antioksidan dan flavonoid yang terkandung dalam cokelat juga berguna untuk mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Untuk diketahui bahwa antioksidan dan flavonoid merupakan bahan penting bagi aspirin serta dapat mencegah penggumpalan darah.

Cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, phenylethylalanine, methyl-xanthine dan theobromine yang dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan hingga dapat digunakan sebagai obat anti-depresi.

Penelitian dari San Diego School of Medicine, Beatrice Golomb, mengatakan bahwa orang yang stres, mulai dari tingkat yang ringan hingga depresi mengaku memakan cokelat saat suasana hati mereka drop.

Disamping segudang manfaat cokelat, banyak orang masih merasa khawatir jika mereka mengkonsumsi cokelat maka akan menyebabkan kegemukan terutama bagi wanita.

Sebenarnya coklat yang sangat dianjurkan oleh para ilmuwan untuk dikonsumsi saat stress adalah coklat hitam murni. Karena coklat jenis ini tidak mengandung lemak jenuh yang berlebih dan mengandung zat flavonoid.

Adapun yang perlu diingat bahwa tidak dianjurkan memakan dark chocolate secara berlebihan pada saat anda mengalami depresi atau stres.

Konsumsi yang secukupnya dan juga pastikan bahwa yang anda makan adalah dark chocolate dengan kadar minimal 50 persen yang sedikit mengandung gula.

Untuk mengonsumsinya, lelehkan dark chocolate dan celupkan stroberi atau buah-buahan lainnya yang anda sukai. Penambahan stroberi juga dapat membantu mestabilkan kadar gula darah dan mengurangi kecemasan kita.

  1. Es Krim

es krim

Selain coklat, menurut para ilmuwan, es krim juga dapat membangkitkan mood kita serta dapat menghilangkan stress.

Bagi anda yang sedang mengalami stress atau depresi, es krim akan menjadi solusi paling mainstream terutama bagi remaja dan anak-anak. Karena dingin dan rasanya manis, es krim mampu ‘mendinginkan’ kepala kita dikala stress.

Namun yang pasti, susu dan krim pada ice cream diyakini banyak terkandung asam amino tryptophan yang menjadi obat penenang untuk menghilangkan insomnia dan membuat sistem saraf beristirahat.

Es krim juga mampu merangsang thrombotin, yaitu hormon bahagia dan penghilang stres yang dapat memberikan perasaan menyenangkan dan lega pada pikiran Anda.

Es krim juga mengandung sumber mineral, yakni fosfor dan kalsium. Kalsium sendiri dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan batu ginjal, dapat mencegah gejala pramenstruasi dan suasana hati, serta efeknya yang paling besar adalah dalam menguatkan tulang.

Selain mineral, es krim juga mengandung vitamin yang cukup banyak. Antara lain vitamin A, B-6, B-12, C, D, E, dan K. Vitamin K adalah vitamin yang berperan untuk meminimalisir pembekuan darah.

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa es krim tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, karena kandungan gulanya tidak baik untuk tubuh.

Namun, jika dikonsumsi dengan porsi gula atau rasa manis yang cukup, ternyata es krim justru memberikan manfaat tertentu untuk kita seperti menjadi sumber energi untuk tubuh.

Jadi sudahkah anda makan es krim hari ini? Jangan lupa konsumsi es krim dengan porsi yang tepat dan memilih es krim yang sehat ya untuk mendapatkan efek yang bagus bagi diri anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.