Pungli di Pasar Ramadan Pekanbaru, Ini Tindakan Disperindag

0
219
Pungli di Pasar Ramadhan

Bulan Ramadan sangat identik dengan adanya pasar Ramadan pada sore hari,  tak sedikit di pasar ini terdapat pungli yang membuat masyarakat geram.

Pasar Ramadan di Kota Pekanbaru

Dikarenakan banyaknya pungli yang terjadi di Pasar, Pemerintah Kota Pekanbaru memutuskan untuk membuat  Pasar Ramadan yang terbebas dari pungli.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengatur lokasi Pasar Ramadan ini agar lebih rapi dan tertata serta tidak ada pungli yang menggagu pedagang dan pembeli.

“Kita tidak hanya menentukan lokasi saja, tapi juga mempertimbangkan lokasi parkir dan sisi keamanan,” ujarnya Zulhelmi.

Diketahui,  tahun ini Pemerintah Kota Pekanbaru akan mengadakan Pasar Ramadan di beberapa titik yang tersebar di setiap kecamatan Kota Pekanbaru.

Penentuan lokasi Pasar ramadan ini dilakukan setelah camat mendapatkan masukan dari masyarakat. Upaya dalam mewujudkan tersebut, pihaknya melakukan pemetaan terhadap titik-titik lokasi yang layak dijadikan Pasar Ramadan.

Sedangkan usulan lokasi Pasar Cik Puan, ia mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan pengkajian terhadap beberapa pertimbangan.

Zulhelmi menyampaikan bahwa Pasar Ramadan ini merupakan pasar tahunan yang tidak setiap bulan ada. hal ini merupakan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berjualan aneka takjil.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan terkait makanan dan minuman takjil yang layak dikonsumsi dan higienis yang dijual di pasar tersebut

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru itu berharap bahwa tidak ada pembeli di Pasar Ramadan yang malah terkena sakit setelah membeli takjil.

Petang Belimau 2023

Sebelumnya, Warga Kota Pekanbaru menyambut meriah tradisi menyambut Ramadan, Petang Balimau, yang digelar Rabu (22/3/2023) kemarin. Acara

Ini dihadiri PJ Wali Kota Pekanbaru Muflihun beserta jajarannya.

Mereka disambut oleh ribuan warga yang memadati lokasi acara tradisi Petang Balimau, di kawasan Rumah Singgah Tuan Kadi.

Acara Petang Balimau ini bukan hanya dihadiri warga Pekanbaru namun juga luar daerah hingga awak media nasional. Hal ini pulalah yang diharapkan sebagai ajang pengenalan Pariwisata dan budaya Pekanbaru ke mata Nasional hingga Internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.