Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Asam Lambung

0
358
Tips Menjalankan Puasa Ramadhan

Tips menjalankan puasa pada saat Ramadhan bagi penderita asam lambung agar puasanya lebih nyaman dan lancar. Seperti yang kita ketahui penderita asam lambung tidak boleh makan terlambat.

Pada bulan Ramadhan seluruh umat islam menjalankan ibadah puasa dengan tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman selama kurang lebih 14 jam.

Penderita asam lambung masih bisa loh ikut berpuasa. Menurut Dokter Penyakit Dalam M Adi Firmansyah, dalam Pengaruh Puasa Ramadhan pada Beberapa Kondisi Kesehatan sebenarnya tidak ada kontradiksi berpuasa pada kebanyakan kasus.

Dalam berpuasa yang paling penting ialah jenis nutrisi yang dikonsumsi saat berbuka.  pemilihan makanan dan pola hidup sangat penting untuk penderita asam lambung/maag saat melakukan puasa.

Berikut beberapa tips bagi penderita asam lambung untuk menjalankan puasa Ramadhan.

Tips Puasa bagi Penderita Asam Lambung
1. Jangan Lewatkan Sahur

Makan saat sahur sangat penting bagi penderita asam lambung, hal ini tentunya bertujuan untuk mengisi perut dan tenaga dengan nutrisi yang baik dan benar.

Penderita asam lambung ini tidak boleh beraktivitas dalam keadaan perut kosong. Ini dikarenakan penyakit akan kambuh serta dapat menyebabkan ulu hati terasa sangat sakit.

2. Memperhatikan Makanan

Selanjutnya ialah, encik dan puan dapat memperhatikan makanan yang akan dimakan ketika berbuka dan sahur.

Makan lah makanan yang mengadung banyak serat serta hindarilah makan makanan dan minuman seperti gorengan, kopi, teh dan minuman bersoda. sangat dianjurkan untuk meminum air putih saja.

3. Jangan Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur sangat tidak dianjurkan bagi encik dan puan yang memiliki riwat penyakit asam lambung. Sebaiknya Encik dan Puan melakukan kegiatan atau ibadah sunah setelah sahur.

4. Segera Berbuka

Bagi penderita asam lambung, sangat disarankan untuk segera berbuka setelah mendengar azan magrib agar kadar gula dalam lambung tidak meningkat dengan cepat.

5. Konsumsi Obat Dokter Sesuai Yang Dianjurkan

Untuk Encik dan Puan yang menderita asam lambung akut, disarankan saat melakukan ibadah puasa untuk mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter ketika sahur dan berbuka.

Nah, itulah beberapa tips untuk Encik dan Puan yang mempunyai riwayat sakit asam lambung atau maag ya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.