Puasa Turun Berat Badan? Bisa, Intip Tipsnya

137
Puasa Turun Berat Badan

Saat berpuasa, kebanyakan orang mengalami naik berat badan. Padahal puasa turun berat badan bisa saja dilakukan jika memperhatikan pola makan.

Berikut ini beberapa tips agar saat puasa turun berat badan bisa Encik dan Puan lakukan.

Berbuka dengan Menu Seimbang

Saat kita berpuasa, metabolisme tubuh akan melambat. Hal tersebut mengakibatkan kebutuhan energi tubuh akan otomatis berkurang.

Meski demikian, bukan berarti kita bisa memakan semua makanan ketika waktu berbuka. Yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang seimbang.

Dimana yang harus kita fokuskan adalah makan secara perlahan. Barulah kemudian memilih menu makanan yang bernutrisi lengkap.

Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin, serta yang tak kalah penting adalah makanan yang mengandung mineral.

Jika semua itu bisa terpenuhi, maka dapat membantu Encik dan Puan mengurangi makan berlebih.

Jangan Lupa Makan Sahur

Makan sahur sendiri merupakan salah satu sunnah dalam ibadah puasa. Meski terdengar sepele, nyatanya masih banyak yang enggan makan sahur.

Padahal makan sangat baik bagi kesehatan Encik dan Puan lhoi, oleh karenanya jangan melewatkan waktu makan ini.

Makan sahur saat bulan suci ramadan sendiri sama halnya seperti sarapan dan sebaiknya sahur dilakukan di waktu dini hari.

Dengan makan sahur, tubuh kita dapat menampung banyak nutrisi dan energi untuk menjalani puasa sehari penuh.

Jadi Encik dan Puan tidak akan merasa lemas ataupun cepat lapar. Selain itu, makan sahur juga menghindari kita makan berlebihan ketika bebuka puasa. Hal tersebut baik untuk menghindari kenaikan berat badan.

Kurangi Gula

Salah satu tagline saat berbuka yaitu ‘berbukalah dengan yang manis‘. Kenyataannya banyak yang salah fokus dengan tagline tersebut.

Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa itu merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Padahal tagline tersebut hanyalah iklan dari sebuah brand minuman.

Karenanya banyak orang yang menyajikan menu berbuka/takjil yang manis-manis. Seperti cendol, kolak, es buah, es tebu, teh manis, es jeruk kasturi, sirup, puding dan lainnya.

Sebaiknya saat kita berbuka puasa, kurangi makanan dan minuman yang kandungan gulanya tinggi.

Gula merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan. Sebagai gantinya, Encik dan Puan bisa mengonsumsi gula alami dari buah dan madu.

Batasi Asupan Garam

Selain mengurangi konsumsi gula, Encik dan Puan juga harus membatasi asupan garam. Hal itu dikarenakan garam mengandung natrium yang cenderung dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Terutama saat sahur, mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat Encik dan Puan cepat merasa haus ketika berpuasa. Yang mana dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna dan menyerap cairan.

Hindari Makanan yang Digoreng

Eits ini tidak ada hubungannya dengan kondisi minyak goreng yang langksa saat ini ya. Apalagi saran untuk mengganti menggoreng dengan merebus, hehe.

Sudah jadi kebiasaan bagi orang Indonesia ketika berbuka puasa adalah dengan menyantap gorengan. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena dapat menaikkan berat badan selama puasa.

Kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi serta rendahnya nutrisi ada pada makanan yang digoreng. Ketimbang memakan gorengan, sebaiknya perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Kontrol Porsi Makan

Meskipun berpuasa seharian penuh, bukan berarti kita makan dalam porsi besar saat berbuka. Mengontrol porsi makan sangat penting di bulan ramadan, baik saat sahur maupun saat buka puasa.

Dengan mengontrol porsi makan, menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan Encik dan Puan. Makanlah dengan porsi kecil untuk membantu kita memahami berapa banyak yang dibutuhkan tubuh.

Tetap Terhidrasi

Kekurangan cairan menjadi salah satu tantangan dalam melaksanakan ibadah puasa. Karena bisa membuat kita merasa cepat haus sehingga tubuh jadi lemas.

Oleh sebab itu, penting menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Konsumsilah makanan yang mengandung air seperti semangka, mentimun, kiwi, dan lainnya.

Selain itu perbanyaklah minum air putih, bila perlu minum sebanyak 2 liter per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Banyak minum air putih juga bisa membantu mendetoksifikasi tubuh.