Psychology of Money, Penting Untuk Diketahui

0
535
Psychology of Money

Teori tentang Psychology of Money atau Psikologis uang dari Morgan Housel menjadi salah satu hal menarik untuk kita ketahui saat ini.

Dalam dunia yang saat ini terus berhubungan dengan hal yang viral, ada banyak konten-konten yang paling sering menjadi pusat perhatian. Dua diantaranya adalah perkelahian dan flexing.

Mengenal Flexing

Namun untuk artikel kali ini ncik dan puan kita akan coba dulu untuk membahas konten flexing. Karena jika tidak hati-hati, kita akan terjebak dalam sebuah image fana sosial media. Membeli segala bentuk barang mahal hanya untuk menunjukan bahwa kita lebih kaya, lebih punya ketimbang orang lain.

Ncik dan puan tentu masih ingat dengan slogan “Waw murah banget”. Pada awal kemunculannya, kita berharap bisa memiliki kehidupan seperti rumah mewah, mobil mewah, belanja semua barang branded lain yang ingin kita miliki.

Hal tersebut dijelaskan dalam teori tentang Psychology of Money dari Morgan Housel. Yaitu ketika anda melihat seseorang dengan banyaknya kekayaan yang diperlihatkan, jarang dari kita yang menilai bahwa orang tersebut keren. Kebanyakan dari kita berharap bisa memiliki kehidupan seperti itu.

Fatamorgana

Ini merupakan sebuah fatamorgana yang diciptakan oleh makna dari kaya. Atau bagi Morgan Housel ini disebut dengan paradoks dalam mobil, bahwa tak ada yang lebih terkesan dengan harta anda dibanding anda sendiri.

Jika saat ini, kita merasa bahwa kendaraan yang kita kendarai membuat orang terkesan kita harus mulai merubah cara pandang tersebut. Ketika orang lain melihat apa yang anda miliki tidak membuatnya terkesan kepada kita, melainkan menginginkan apa yang kita miliki.

Psikologi dari Uang

Hanya itu saja. Karena itu dalam hal psikologi dari uang, Housel menyebutkan bahwa membangun kekayaan tidak hanya berhubungan dengan pendapatan atau hasil investasi. Namun lebih banyak berhubungan dengan tingkat tabungan.

Secara kesimpulan singkat tentang seperti apa psikologi dari uang adalah tabungan pribadi dan gaya hidup sederhana adalah sebagai berikut.

Pengehematan dan efisiensi keuangan adalah bagian dari rumus uang yang lebih banyak bisa kita kendalikan dan punya peluang 100% efektif sekarang maupun pada masa depan.

Selain itu ada satu hal lagi yang lebih penting, yaitu nilai kekayaan itu relatif terhadap apa yang kita butuhkan.

Dalam menikmati apa yang kita miliki adalah dengan cara memberikan apresiasi yang tinggi dengan proses untuk mendapatkannya. Bukan karena kita menginginkan orang lain untuk melihat bahwa anggapan kita telah mencapai segalanya.

Yang pada kenyataanya tidak satu orang pun melihat kita lebih baik hanya karena apa yang kita miliki, kita tempati dan kita kendarai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.