PPPK 2023 Riau, Ini Rincian Formasinya

0
815
PPPK 2023 Riau

Sebanyak 3.400 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2023 ini telah diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sedangkan kuota untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini tidak ada. Karena seperti diketahui bahwa pemerintah pusat akan melakukan rekrutmen CPNS 2023 pada September mendatang.

Akan tetapi kuota CPNS di tahun 2023 tersebut khusus instansi kementerian dan lembaga saja, sedangkan untuk pemerintah daerah tidak kebagian.

Riau Hanya Dapat Kuota PPPK 2023

Untuk tahun 2023 ini, Pemprov Riau mengajukan sebanyak 3.400 formasi. Ada tiga jenis jabatan yang diajukan untuk formasi tenaga PPPK tersebut. Di antaranya adalah formasi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Endinovelly.

Ia mengatakan bahwa 3.400 formasi PPPK tersebut juga menindaklanjuti surat dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

“Kami sudah mengajukan usulan formasi PPPK tahun 2023 sebanyak 3.400,’’ katanya, Rabu (21/6/2023).

Formasi PPPK Riau 2023

Endinovelly menerangkan jika dalam pengusulan formasi PPPK ini, pihaknya berkoordinasi dengan para organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau untuk mengetahui kebutuhan di masing-masing OPD.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dalam usulan formasi PPPK tersebut, pihaknya akan tetap berfokus pada pelayanan dasar yakni kesehatan dan pendidikan. Jika dirincikan adalah sebagai berikut, untuk usulan formasi guru sebanyak 3.057 formasi, untuk tenaga kesehatan sebanyak 174, dan 169 untuk tenaga teknis.

Sementara itu terkait SK PPPK Pemprov Riau tahun 2022, dikatakan Endinovelly masih belum. Hal tersebut karena ada tahapan yang harus dilalui. Yakni proses pengusulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang kita sampaikan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Jadwal Pendaftaran PPPK

Terkait pembukaan pendaftaran PPPK tahun 2023, diakui Endinovelly, pihaknya masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari Kemenpan RB. Jika telah mendapatkan persetujuan, maka pihaknya akan segera mengumumkannya ke masyarakat.

“Sesuai dengan petunjuk teknis yang disampaikan oleh pemerintah pusat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.