PPKM Pekanbaru Level 1 Hingga 5 September 2022

83
PPKM Pekanbaru Level 1

Meski ada kenaikan kasus, pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pekanbaru level 1 masih berlanjut.

Berlangsung Hingga 5 September 2022 Mendatang

Pemberlakuan PPKM Pekanbaru level 1 sendiri diperpanjang setelah PPKM sebelumnya berakhir Senin (1/8/2022) kemarin. Sebagai informasi, saat ini seluruh wilayah di Indonesia berada pada PPKM level 1.

Perperpanjangan PPKM tersebut terhitung mulai tanggal 2 Agustus – 5 September 2022 mendatang. Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri RI terkait kelanjutan PPKM level 1, yakni Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Luar Jawa dan Bali.

WFO Kembali 100 Persen

Penetapan PPKM level 1 di seluruh wilayah Indonesia mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang terkendali. Perpanjangan PPKM sendiri masih diperlukan untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Selain itu salah satu pembaruan aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2022 yakni sistem bekerja dari kantor (WFO) diperbolehkan beroperasi 100 persen.

Pemko Pekanbaru Keluarkan SE

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Syoffaizal mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengeluarkan surat edaran. Surat edaran tersebut nantinya akan menjadi acuan dalam penanganan Covid-19 di Pekanbaru. Adapun untuk aturannya sendiri masih sama dengan PPKM Level 1 sebelumnya.

Pemko Galakkan Vaksinasi

Lebih lanjut Syoffaizal mengungkapkan bahwa Pemko Pekanbaru akan kembali melanjutkan pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal. Meski kondisi saat ini tidak mudah untuk mengajak masyarakat vaksinasi, lanjutnya, Gubernur Riau (Gubri) memerintahkan kembali untuk menggalakkan vaksinasi di Kota Pekanbaru.

“Yang mana Gubri menginstruksikan (Pemko, red) untuk mengadakan vaksinasi lagi kepada masyarakat kita,” ungkapnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya akan rapat dengan beberapa pihak terkait. Guna menggalakkan kembali vaksinasi, pihaknya akan mengimbau masyarakat agar mau vaksin lagi.

Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Selain itu, Syoffaizal mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran covid-19. Hal ini karena kasus covid-19 di Kota Pekanbaru beberapa kali terjadi kenaikan.

“Kita selalu imbau masyarakat agar tetap melaksanakan prokes dan juga selalu menjaga kesehatannya,” ungkapnya.

Ada Sejumlah Kelonggaran

Dalam penerapan PPKM Level 1 di Kota Pekanbaru, ada sejumlah kelonggaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sudah diperbolehkan makan di tempat untuk pesta
  • Untuk acara-acara juga sudah dilakukan pertemuan